Pengaruh Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Question Growth Plant Bervisi SETS Terhadap Hasil Belajar Materi Redoks.


Nilam Puspa Juvita Ardi , 4301407022 (2011) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Question Growth Plant Bervisi SETS Terhadap Hasil Belajar Materi Redoks. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Question Growth Plant Bervisi SETS Terhadap Hasil Belajar Materi Redoks.]
Preview
PDF (Pengaruh Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Question Growth Plant Bervisi SETS Terhadap Hasil Belajar Materi Redoks.) - Submitted Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MAN 2 Kudus, diperoleh informasi tidak sedikit siswa yang merasa kesulitan dan bosan ketika mengikuti pelajaran kimia karena pembelajaran cenderung text book oriented dan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, guru harus kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran. Metode yang dapat digunakan yaitu metode pembelajaran kooperatif dengan teknik question growth plant bervisi SETS. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh positif pembelajaran kooperatif dengan teknik question growth plant bervisi SETS terhadap hasil belajar materi redoks?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh positif pembelajaran kooperatif dengan teknik question growth plant bervisi SETS terhadap hasil belajar materi redoks. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas X MAN 2 Kudus tahun ajaran 2010/2011. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas X-10 sebagai kelas eksperimen diberi pembelajaran kooperatif dengan teknik question growth plant bervisi SETS dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol diberi pembelajaran non question growth plant bervisi SETS. Penelitian dilakukan dengan memberikan pretest, dilanjutkan dengan pembelajaran, dan diakhiri dengan posttest. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen 34,9 dan kelas kontrol 34,5. Setelah pembelajaran rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 83,4 dan kelas kontrol 78,8. Kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama, sedangkan pada uji t dua pihak dihasilkan thitung (3,59) > ttabel (2,00) yang berarti ada perbedaan yang signifikan. Pada uji t satu pihak kanan thitung (3,59) > ttabel (2,00) yang berarti rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi biserial dan koefisien determinasi menunjukkan pembelajaran kooperatif dengan teknik question growth plant bervisi SETS berpengaruh terhadap hasil belajar materi redoks. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ada pengaruh positif pembelajaran kooperatif dengan teknik question growth plant bervisi SETS terhadap hasil belajar materi redoks yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ( ) sebesar 0,53 dengan harga koefisien determinasi (KD) 28%. Saran yang diberikan: guru kimia hendaknya menerapkan pembelajaran kooperatif dengan teknik question growth plant bervisi SETS dalam kegiatan belajar mengajar sebagai variasi mengajar; dalam pelaksanaan pembelajaran, guru diharapkan mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, Question Growth Plant, Visi SETS, Hasil Belajar.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2011 07:30
Last Modified: 25 Apr 2015 06:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6660

Actions (login required)

View Item View Item