PENGEMBANGAN MEDIA VARIASI VISING (VIDEO PASSING) SEPAK BOLA UNTUK PEMBELAJARAN KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA


Muhammad Rifqi Hanif, 6101417038 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VARIASI VISING (VIDEO PASSING) SEPAK BOLA UNTUK PEMBELAJARAN KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi memberikan pengaruh yang sangat besar dalam penerapan media sebagai sarana kegiatan pembelajaran. Kemajuan pesat inovasi tersebut belum dimanfaatkan secara ideal dalam ukuran pembelajaran instruksional di sekolah. Guru lebih banyak menggunakan metode pembelajaran konvensional / ceramah untuk menyampaikan materi kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media variasi vising (video passing) sepak bola untuk pembelajaran kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini merupakan Research and Development (RnD) menggunakan model desain pembelajaran ADDIE (Analyze-Design-Development- Implement�Evaluate). Sebagai subjek dalam penelitian ini yaitu Guru Pendidikan Jasmani dan Peserta Didik Kecamatan Brebes research yang berjumlah 5 guru serta 30 siswa. Objek penelitian yaitu media variasi vising (video passing) sepakbola untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang diisi oleh guru olahraga dan peserta didik. Hasil data penelitian berupa data kuantitatif yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh dari produk media variasi vising (video passing) sepak bola berbentuk Youtube dengan data mp4 yang memiliki kelengkapan animasi, narator, dan musik pengantar. Pengembangan model media bahan ajar berbasis video ini dilakukan dengan cara observasi dan validasi dari ahli materi, ahli media, respons guru pendidikan jasmani dan peserta didik dilanjutkan membuat desain produk, membentuk tim produksi, persiapan alat, pengambilan gambar lalu editing. Kelayakan media video pada penelitian ini diperoleh melalui empat tahap yaitu: 1) validasi ahli materi dengan aspek pendahuluan dan isi materi diperoleh rata-rata persentase kelayakan 67.91% termasuk klasifikasi “baik”, 2) validasi ahli media dengan aspek visual, audio, bahasa dan tipografi, serta pemrograman diperoleh rata-rata persentase kelayakan 94.37% termasuk klasifikasi “sangat baik”, 3) respons guru dengan aspek pendahuluan, isi materi, komunikasi, desain, dan format sajian diperoleh rata-rata persentase kelayakan 88.15% termasuk klasifikasi “sangat baik”, 4) respons peserta didik dengan aspek pendahuluan, bahasa dan tipografi, isi materi, dan manfaat diperoleh rata-rata persentase kelayakan 82.9%. Rata-rata total penilaian media video sebesar 83.33% dengan klasifikasi “sangat baik”. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media video teknik dasar sepak bola untuk siswa Sekolah Menengah Pertama dinyatakan layak atau dapat digunakan untuk membantu guru dalam proses penyampaian materi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Vising(Video Passing), Sepak bola
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 24 Dec 2024 04:31
Last Modified: 24 Dec 2024 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66584

Actions (login required)

View Item View Item