ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS X MAPEL PJOK DITINJAU DARI HOTS DI SMK SE-KECAMATAN KEBUMEN
Nahar Salamah, 6101417021 (2021) ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS X MAPEL PJOK DITINJAU DARI HOTS DI SMK SE-KECAMATAN KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF (SKRIPSI)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah beberapa Guru PJOK di SMK Se�Kecamatan Kebumen belum memasukan kata kerja oprasional HOTS dalam penyusunan RPP, guru menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran salinan RPP K13 versi revisi pada saat MGMP atau hanya mengunduh RPP yang sudah tersedia di internet tanpa memodifikasi atau mengembangkanya. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat dilihat rumusan masalah seberapa baik kualitas RPP yang ditinjau dari HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang disusun oleh guru PJOK di SMK se-Kecamatan Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis seberapa baik RPP PJOK kelas X tentang pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills di SMK se-Kecamatan Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode dalam penelitian ini adalah survey. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Guru PJOK di SMK se-Kecamatan Kebumen dan Sampel penelitian ini adalah seluruh guru PJOK kelas X di SMK se-Kecamatan Kebumen dengan teknik pearikan sampel (total sampling) yang berjumlah 10 guru. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan mencari nilai hasil tes menggunakan rumus dan penilaian acuan skala lima (Sudijono 2012:43). Hasil penelitian Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas X Mapel PJOK di SMK se-Kecamatan Kebumen ditinjau dari HOTS menunjukan ketegori “sangat baik” dengan persentase 30%, kategori “baik” dengan persentase 30%, kategori “cukup” dengan presentase 30%, kategori “kurang” dengan persentase 0%, kategori “sangat kurang” dengan persentase 10%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru PJOK di SMK se�Kecamatan Kebumen telah menyusun RPP dengan baik dan sesuai dengan HOTS. Saran yang dapat peneliti berikan bagi guru PJOK yang RPPnya masih dalam kategori cukup seharusnya guru menggunakan kata kerja oprasional C4,C5, dan C6, dalan dalam pemilihan metode guru seharunya menggunakan menggunkan Discovery/Inquiry Lerning, Problem based Learning, Project Based Learning. agar dapat meningkatkan tingkat berfikir peserta didik ke Level HOTS
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PJOK, Pembelajaran, HOTS |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 04:21 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 04:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66578 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |