Profesionalitas Kinerja Konselor Di SMP Negeri Se-Kotamadya Tegal


Muhammad Rizki Kurnia, 1301404046 (2011) Profesionalitas Kinerja Konselor Di SMP Negeri Se-Kotamadya Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Profesionalitas Kinerja Konselor Di SMP Negeri Se-Kotamadya Tegal]
Preview
PDF (Profesionalitas Kinerja Konselor Di SMP Negeri Se-Kotamadya Tegal) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelayanan bimbingan dan konseling tidak semata-mata diarahkan kepada pemecahan masalah saja, tetapi mencakup berbagai jenis layanan dan kegiatan yang mengacu kepada terwujudnya fungsi-fungsi yang luas. Berbagai jenis bantuan dan kegiatan itu menuntut adanya unjuk kerja profesional tertentu. Untuk dapat melaksanakan tugas-tugas dalam bidang bimbingan dan konseling, yaitu unjuk kerja konselor secara baik, para (calon) konselor dituntut memiliki pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang memadai. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana profesionalitas kinerja konselor dalam melaksanakan tugas bimbingan dan konseling di SMP Negeri se Kotamadya Tegal? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalitas kinerja konselor dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMP Negeri Se Kotamadya Tegal tahun ajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah konselor SMP Negeri yang berjumlah 52 orang dari 18 SMP Negeri Se-Kotamadya Tegal tahun ajaran 2010/2011. Jumlah sampel penelitian adalah semua konselor di SMP Negeri Se-Kotamadya Tegal, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner atau angket secara tertutup sebanyak 72 item dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian tentang profesionalitas kinerja konselor di SMP Negeri se Kota Tegal sebanyak 52 responden diperoleh data bahwa rata-rata konselor untuk tiap aspek yang diamati memiliki kategori sesuai. Artinya bahwa secara umum konselor di SMP Negeri se Kotamadya Tegal dalam melaksanakan 10 tugas pokok nya sudah sesuai dengan standar operasional yang diajukan. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah dalam pengisian angket secara jujur, hal ini dikarenakan metode pengumpul data yang digunakan adalah angket tertutup dengan pernyataan banyak yang memiliki kemungkinan untuk bias karena ada kecenderungan individu untuk menilai diri sendiri lebih baik atau buruk dari kondisi sebenarnya, meskipun peneliti sudah berupaya menjelaskan kepada para subjek untuk jujur dalam menjawab pernyataan yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profesionalitas kinerja, Konselor.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2011 07:15
Last Modified: 25 Apr 2015 06:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6656

Actions (login required)

View Item View Item