Keefektifan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Bermediakan Permainan Ular Tangga Matematika Untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan Matematika Peserta Didik Pada Kelas VII Semester 2 Dalam Materi Pokok Segiempat di SMP N 4 Pati 2010/2011.


Destia Wahyu Hidayati , 4101407063 (2011) Keefektifan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Bermediakan Permainan Ular Tangga Matematika Untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan Matematika Peserta Didik Pada Kelas VII Semester 2 Dalam Materi Pokok Segiempat di SMP N 4 Pati 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Bermediakan Permainan Ular Tangga Matematika Untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan Matematika Peserta Didik Pada Kelas VII Semester 2 Dalam Materi Pokok Segiempat di SMP N 4 Pati 2010/2011.]
Preview
PDF (Keefektifan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Bermediakan Permainan Ular Tangga Matematika Untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan Matematika Peserta Didik Pada Kelas VII Semester 2 Dalam Materi Pokok Segiempat di SMP N 4 Pati 2010/2011.) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika seharusnya menyenangkan, nyaman, dan tidak menimbulkan kecemasan matematika agar peserta didik dapat semaksimal mungkin memahami materi pelajaran yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat ketuntasan prestasi belajar, (2) perbedaan rata-rata prestasi belajar, dan (3) perbedaan rata-rata kecemasan matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TAI bermediakan permainan ular tangga matematika, LKPD, dan model pembelajaran ekspositori. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 4 Pati, sedangkan sampel adalah peserta didik kelas VII.A, VII.B, dan VII.C. Pemilihan sampel dilakukan dengan random sampling sehingga terpilih dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang diberi perlakuan berbeda. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, skala, dan tes. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah prestasi belajar peserta didik dan kecemasan matematika peserta didik sedangkan variabel independen adalah model dan media pembelajaran. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji rata-rata (uji t), uji perbedaan rata-rata (uji anava) dan uji lanjut perbedaan rata-rata (uji scheffe). Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TAI bermediakan permainan ular tangga matematika dan LKPD dapat mencapai di atas KKM. Terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TAI bermediakan permainan ular tangga matematika (kelas eksperimen 2), LKPD (kelas eksperimen 1), dan model pembelajaran ekspositori (kelas kontrol). Rata-rata prestasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen 1 adalah 81,8750, kelas eskperimen 2 adalah 84,1415, dan kelas kontrol adalah 75,1518. Terdapat perbedaan yang signifikan antara skor kecemasan matematika peserta didik antara rata-rata skor kecemasan matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TAI bermediakan permainan ular tangga matematika (kelas eksperimen 2), LKPD (kelas eksperimen 1), dan model pembelajaran ekspositori (kelas kontrol). Ratarata skor kecemasan peserta didik pada kelas eksperimen 1 adalah 72,72 dengan kategori sedang, kelas eksperimen 2 adalah 78,15 dengan kategori rendah, dan kelas kontrol adalah 65,94 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, TAI, permainan ular tangga matematika, kecemasan matematika.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2011 07:14
Last Modified: 25 Apr 2015 06:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6655

Actions (login required)

View Item View Item