PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA BERBASIS CERPEN DENGAN INTERAKSI KARAKTER
Ida Hidayah, 0202519016 (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA BERBASIS CERPEN DENGAN INTERAKSI KARAKTER. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF (TESIS)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan menulis naskah drama memiliki benayak manfaat bagi perkembangan peserta didik. Namun, saat ini banyak tantangan yang dihadapi oleh guru maupun peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan model pembelajaran menulis naskah drama, mengembangkan desain model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik lingkungan pembelajaran serta menguji keefektifan model pembelajaran yang dikembangkan. Model pembelajaran menulis naskah drama yang dikembangkan dalam penelitian ini merupakan modifikasi dari model bermain peran dan teknik menulis terbimbing dengan basis cerpen.Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Secara garis besar, penelitian ini melalui empat tahap yaitu (1) Tahap pendahuluan. Penelitian ini diawali dengan literature review dan observasi proses pembelajaran, (2) Tahap Pengembangan Produk, dengan menganalisis kebutuhan model pembelajaran, membuat garis besar model, menyiapkan bahan ajar dan penerapan prinsip serta melakukan uji validasi ahli, (3) Tahap uji coba produk. Uji coba produk dilaksanakan di kelas XI SMK Islam 45 Wiradesa. Pengujian dilaksanakan dalam bentuk desain eksperimen yang melibatkan dua kelompok subjek, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dan kelas kontrol tidak diberi perlakuan. Hasil penelitian ini berupa buku panduan model pembelajaran menulis naskah drama berbasis cerpen dengan penilaian (1) dosen ahli dengan nilai 4,84 atau 91%, praktisi dengan nilai 4,47 atau 89% dan guru sebesar 4,66 atau 90%. (2) Analiisis hasil belajar menunjukkan bahwa t-value sebesar 8.335 dengan derajat kebebasan (df) sebesar 73. Sig. (2-tailed) atau tingkat signifikansi sebesar 0.000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam rata-rata antara kelompok ekperimen dan kelompok kontrol
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Menulis, Naskah Drama |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 08:35 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 08:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66496 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |