KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN QUANTUM LEARNING BAGI PESERTA DIDIK KELAS VI BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN


Af’idatur Rohmaniah, 0103519001 (2023) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN QUANTUM LEARNING BAGI PESERTA DIDIK KELAS VI BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Praktik pembelajaran menulis teks eksplanasi pada jenjang sekolah dasar tidak berlangsung secara efektif. Hal ini terjadi karena kurangnya pengalaman belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui keefektifan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan model problem based learning pada peserta didik kelas VI berdasarkan tipe kepribadian; (2) Mengetahui keefektifan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan model quantum learning pada peserta didik kelas VI berdasarkan tipe kepribadian; (3) Mengetahui interaksi keefektifan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan model problem based learning dan quantum learning pada peserta didik kelas VI berdasarkan tipe kepribadian. Menulis merupakan keterampilan aktif produktif yang dapat melatih peserta didik berpikir rasional. Problem based learning merupakan model pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk mendapatkan pengalaman belajar melalui penyelidikan. Sementara itu quantum learning adalah model pembelajaran dengan lingkungan belajar yang menyenangkan. Terdapat empat tipe kepribadian yaitu sanguinis, koleris, melankolis, dna pleghmatis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berjenis quasi eksperiment dengan desain pre test dan post test group design. Sample penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Kemawi dan SD Negeri Piyanggang 02 sebagai kelas eksperimen I dan siswa kelas VI SD Negeri Keseneng dan SD Negeri Mendongan sebagai kelas eksperimen II. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Keterampilan menulis teks eksplanasi peserta didik menggunakan model problem based lerning meningkat, rata�rata hasil posttest lebih tinggi daripada pretest (79,43 > 48,26). Hasil uji paired sample t test juga menunjukkan bahwa -thitung < -ttabel (-14,465 < -2,021) dan signifikansi < 0,050 (0,000 < 0,050). (2) Keterampilan menulis teks eksplanasi peserta didik dengan model quantum learning meningkat, rata-rata hasil posttest lebih tinggi daripada pretest (83,72 > 66,18). Hasil uji paired sample t test juga menunjukkan bahwa -thitung < -ttabel (-7.638 < -2,037) dan signifikansi < 0,050 (0,000 < 0,050). (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap keterampilan menulis teks ekspalanasi. Hal ini terlihat dari nilai sig. 0,046 < 0,05. Pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan model problem based learning dan quantum learning pada peserta didik kelas VI berdasarkan tipe kepribadian efektif dilakukan. Oleh karena itu model problem based learning dan quantum learning dapat menjadi alternative model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi berdasarkan tipe kepribadian.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Menulis Teks Eksplanasi, Problem Based Learning, Quntum Learning, Tipe Kepribadian
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Dec 2024 08:06
Last Modified: 23 Dec 2024 08:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66486

Actions (login required)

View Item View Item