PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WINDOW SHOPPING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS VIII SMP NEGERI 2 PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG


Wiji Dila Lestari, 3601419073 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WINDOW SHOPPING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS VIII SMP NEGERI 2 PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan menjadi faktor penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satu mata pelajaran yang wajib dimuat dalam pendidikan formal adalah IPS. Pembelajaran mampu tercapai dengan baik jika dalam serangkaian proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan optimal, namun pada kenyataannya masih terdapat banyak kendala yang dihadapi. Permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran di SMP Negeri 2 Pringapus adalah kurangnya inovasi guru dalam penerapan model pembelajaran didalam kelas. Seringkali kegiatan pembelajaran yang dilakukan hanya berpusat pada apa yang disampaikan oleh guru serta peserta didik hanya sebagai pendengar pasif, sehingga mengakibatkan siswa menjadi bosan dan kurang dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut yang mengakibatkan hasil belajar IPS siswa terutama pada ranah kognitif menjadi rendah. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping diharapkan dapat menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan aktif serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping terhadap hasil belajar IPS siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini, yaitu siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pringapus Kabupaten Semarang kemudian dipilih dua kelas sampel yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah 80 siswa. Penentuan kelas sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal tersebut ditunjukkan dari perolehan data hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan nilai mean 84,12 Sedangkan pada kelas kontrol nilai mean 76,88. Uji Mann-Whitney diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,04 yang artinya lebih kecil dari 0,05 sehingga dalam penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak. Uji N-Gain score pada kelas eksperimen diperoleh 0,5522 sedangkan untuk kelas kontrol 0,3869. Effect size dalam penelitian ini diperoleh nilai 0,6 yang berarti besar pengaruh dalam kategori ”sedang”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pringapus, Kabupaten Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Window shopping, Hasil belajar, Pembelajaran IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Dec 2024 07:36
Last Modified: 23 Dec 2024 07:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66479

Actions (login required)

View Item View Item