PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS 10 DI SMK HIDAYAH SEMARANG
Erik Witana Putra, 3101417076 (2022) PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS 10 DI SMK HIDAYAH SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF (SKRIPSI)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Munculnya wabah virus corona berdampak pada sektor pendidikan di Indonesia. Adanya wabah tersebut mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara jarak-jauh atau daring. Dalam hal ini tentunya membutuhkan media yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh satu diantaranya google classroom. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran jarak jauh berbasis media google classroom pada mata pelajaran sejarah kelas 10 di SMK Hidayah Semarang. (2) Mengetahui hambatan-hambatan dalam pembelajaran sejarah melalui media google classroom di SMK Hidayah Semarang. (3) Mengetahui dampak setelah menggunakan media google classroom selama pembelajaran sejarah di SMK Hidayah Semarang. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informan yaitu guru sejarah dan siswa kelas 10, dokumen berupa RPP dan materi pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Uji validitas yang dilakukan dengan metode triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa : (1) Pelaksanaan pembelajaran sejarah menggunakan media google classroom di SMK Hidayah Semarang secara jarak jauh sudah melakukan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. pembelajaran telah berjalan sesuai namun belum maksimal. (2) Hambatan yang dialami guru dan siswa berasal dari internal dan eksternal baik kurang pahamnya siswa selama pembelajaran dan sulitnya akses internet (3) Dampak setelah menggunakan google classroom selama pembelajaran berdampak positif dan negatif. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu : (1) Guru disarankan untuk menggunakan media tambahan agar pembelajaran dapat lebih maksimal. (2) Siswa hendaknya lebih fokus dan disiplin ketika pembelajaran berlangsung. (3) Sekolah disarankan dapat memfasilitasi siswa yang tidak mampu membeli kuota atau terkendala sinyal agar pembelajaran dapat berjalan lancar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Google Classroom, Media Pembelajaran, Pembelajaran Sejarah |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 04:27 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 04:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66459 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |