IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP ISLAM NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG


Kurnia Dewi Lupitasari, 3601418078 (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP ISLAM NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3601418078_Kurnia Dewi Lupitasari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

SMP Islam Ngadirejo merupakan salah satu sekolah menengah pertama di Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung dan sudah berakreditasi A dengan manajemen berbasis sekolah yang menerapkan program “Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)”. Akan tetapi peserta didik masih saja ada yang melanggar peraturan sekolah seperti membolos, terlambat sekolah, berseragam tidak sesuai peraturan sekolah, tidak menjaga kebersihan kelas, mencontek saat ulangan harian, ramai ketika pembelajaran berlangsung dan tidak menghormati guru di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui implementasi penguatan pendidikan karakter disiplin peserta didik di SMP Islam Ngadirejo; (2) mengetahui peran guru IPS dalam implementasi pendidikan karakter disiplin peserta didik melalui pembelajaran IPS di SMP Islam Ngadirejo; (3) mengetahui kendala guru IPS dalam penguatan pendidikan karakter disiplin peserta didik melalui pembelajaran IPS di SMP Islam Ngadirejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dam dokumentasi. Lokasi penelitian ini adalah SMP Islam Ngadirejo. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS dan peserta didik kelas VIII. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Implementasi penguatan karakter disiplin di SMP Islam Ngadirejo melalui budaya kelas dan budaya sekolah (2) peran guru IPS dalam penguatan pendidikan karakter disiplin peserta didik yaitu guru memberikan motivasi atau nasehat kepada peserta didik di sela-sela pembelajaran ketika berada di kelas, tidak hanya di kelas, guru juga selalu mengarahkan dan membimbing peserta didik di luar kelas dengan memberi teguran kepada peserta didik apabila terdapat peserta didik yang melanggar peraturan atau tata tertib sekolah. (3) Adapun kendala guru IPS dalam penguatan pendidikan karakter disiplin peserta didik berasal dari dalam yaitu guru IPS. Sedangkan dari luar berasal dari peserta didik ketika proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin, Pembelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Dec 2024 04:08
Last Modified: 23 Dec 2024 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66457

Actions (login required)

View Item View Item