PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP N 3 BODEH


Gista Aninda Putri, 3601418057 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP N 3 BODEH. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3601418057_Gista Aninda Putri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang masih minim di SMP N 3 Bodeh khususnya pada mata pelajaran IPS. Selain itu, berdasarkan hasil angket kebutuhan siswa dapat diketahui bahwa penggunaan smartphone milik siswa masih kurang optimal khususnya dalam belajar. Guru maupun peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang menarik dan berbasis teknologi untuk memudahkan proses pembelajaran. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Canva pada materi Interaksi sosial di kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang memiliki 5 langkah : Analisis (analysis), Desain (design), Perancangan (development) Implementasi (implementation), dan Evaluasi (evaluation). Pengembangan media pembelajaran Canva digunakan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan siswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII A SMP N 3 Bodeh berjumlah 32 siswa. Hasil uji validasi ahli materi tahap satu memperoleh skor sebanyak 54 dengan presetase sebesar 63,53% mendapat kategori "Valid". Setelah dilakukan perbaikan, hasil uji validasi tahap kedua oleh ahli materi mengalami peningkatan skor menjadi 75 dengan presentase sebesar 88,23% dan mendapat kategori "Sangat Valid." Selanjutnya hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media tahap 1 memperoleh skor sebanyak 69 dengan presentase 69% mendapat kategori "Valid." Setelah dilakukan perbaikan sesuaisaran dan masukan, perolehan skor naik menjadi 89 dengan presentase 89% dan mendapat kategori "Sangat valid." Berdasarkan hasil uji validitas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif Canva sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji kepraktisan siswa diperoleh rata�rata 96,87% dengan ketegori "Sangat Praktis". Simpulan penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi Canva berhasil dikembangkan, layak, dan praktis digunakan untuk membantu proses pembelajaran di kelas

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Aplikasi Canva, Canva For Education
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Dec 2024 03:54
Last Modified: 20 Dec 2024 03:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66455

Actions (login required)

View Item View Item