PENGARUH MODEL PBL BERBANTU MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IX DI SMP NEGERI 34 SEMARANG
Niken Ajanti, 3601418040 (2023) PENGARUH MODEL PBL BERBANTU MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IX DI SMP NEGERI 34 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IX di SMP Negeri 34 Semarang pada mata pelajaran IPS diketahui masih rendah yang disebabkan oleh kurang tepatnya penerapan model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Diperlukan alternatif untuk memecahkan masalah tersebut, salah satunya yaitu menggunakan model PBL berbantu mind mapping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL berbantu mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMP Negeri 34 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 34 Semarang berjumlah 263 orang dan dipilih 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kontrol dengan teknik purposive sampling untuk sampel penelitian. Kelas IX F dipilih sebagai kelas eksperimen berjumlah 34 orang diberikan perlakuan menggunakan model PBL berbantu mind mapping, dan kelas IX C sebagai kelas kontrol berjumlah 34 orang dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Uji instrumen menggunakan uji validitas soal, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, dan uji daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis melalui uji independent sample t-test. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. 0,014 < 0,05, maka ha diterima dan ho ditolak. Berdasarkan perhitungan tersebut, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menerapkan model PBL berbantu mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMP Negeri 34 Semarang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model PBL Berbantu Mind Mapping, Berpikir Kreatif |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 03:42 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 03:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66446 |
Actions (login required)
View Item |