TINGKAT PENGETAHUAN GURU IPS DALAM MELAKUKAN ANALISIS BUTIR SOAL PADA SMP DI KECAMATAN TEMPEL KABUPATEN SLEMAN
Mira Ahyani, 3601418033 (2023) TINGKAT PENGETAHUAN GURU IPS DALAM MELAKUKAN ANALISIS BUTIR SOAL PADA SMP DI KECAMATAN TEMPEL KABUPATEN SLEMAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kompetensi yang dimiliki seorang guru terkait evaluasi pembelajaran tidak hanya menyusun alat evaluasi saja, namun juga perlu dilakukan evaluasi terhadap alat yang telah disusun guna mengetahui fungsinya sebagai alat ukur hasil belajar peserta didik berkualitas baik. Alat evaluasi yang disusun oleh guru berkaitan dengan perangkat tes. Dalam penyusunan perangkat tes terdapat rangkaian kegiatan salah satunya yaitu analisis butir soal. Kegiatan analisis butir soal menjadi penting dilakukan guna memberikan informasi terkait penguasaan materi oleh peserta didik. Selain itu, adanya analisis butir soal membantu guru untuk mengetahui kualitas tes yang diberikan kepada peserta didik. Namun, ditemukan guru-guru yang terkendala dalam melakukan analisis butir soal, seperti halnya di SMP se-Kecamatan Tempel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan guru IPS dalam melakukan analisis butir soal serta cara guru IPS dalam melakukan analisis butir soal di SMP se-Kecamatan Tempel. Metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa instrumen tes dan wawancara. Adapun sampel yang digunakan yaitu guru IPS SMP se-Kecamatan Tempel dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling yang menjadikan semua anggota populasi dijadikan sampel. Teknik keabsahan data berupa uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Sedangkan untuk Teknik keabsahan data kualitatif menggunakan teknik analisis model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data kuantitatif menggunakan Teknik statistik perhitungan persentase serta penentuan pengkategorian berdasarkan perhitungan distribusi frekuensi. Hasil penelitian tingkat pengetahuan guru IPS dalam melakukan analisis butir soal terkait validitas berkategori rendah dengan persentase 69,23%, terkait reliabilitas berkategori rendah dengan persentase 69,23%, terkait tingkat kesukaran berkategori tinggi dengan persentase 61,53%, terkait daya pembeda berkategori tinggi dengan persentase 46,15%, dan terkait efektivitas pengecoh berkategori rendah 46,15%. Cara guru dalam melakukan analisis butir soal bervariasi, terkait dengan analisis terhadap lima indikator terdapat guru yang melakukan ada pula yang tidak melakukan karena ketidakpahaman dalam menggunakan aplikasi analisis butir soal. Hal ini menjadi evaluasi bagi guru dan sekolah untuk mendorong kegiatan analisis butir soal dengan mengadakan atau mengikuti pelatihan analisis butir soal sehingga dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan analisis butir soal
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan, Guru IPS, Analisis Butir Soal |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 03:36 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 03:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66442 |
Actions (login required)
View Item |