STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 4 KEBUMEN


Siti Arbangatun, 3601418022 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 4 KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3601418022_Siti Arbangatun.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran tidak lepas dari hambatan yang dialami siswa itu sendiri. Kesulitan belajar adalah suatu kondisi dalam proses belajar mengajar yang menghalangi seorang siswa untuk belajar secara memadai. Kesulitan belajar pada dasarnya adalah gejala yang bermanifestasi secara langsung maupun tidak langsung dalam berbagai gejala perilaku. Kesulitan belajar siswa mempengaruhi kinerja siswa. Nilai yang baik dapat dicapai melalui perlakuan blajar di dalam dan di luar sekolah, dan melalui kesempatan belajar dan usaha siswa. Hal ini juga terjadi dalam pembelajaran IPS, sehingga sangat diperlukan strategi guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengidentifikasi jenis-jenis kesulitan belajar yang terjadi pada mata pelajaran IPS untuk siswa SMP Negeri 4 Kebumen; (2) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pada mata pelajaran IPS untuk siswa SMP Negeri 4 Kebumen; (3) mengidentifikasi strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran IPS untuk siswa SMP Negeri 4 Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan utama adalah guru IPS SMP Negeri 4 Kebumen, sedangkan informan pendukung adalah peserta didik SMP Negeri 4 Kebumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Validitas data yang dilakukan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) jenis kesulitan belajar yang dialami siswa SMP Negeri 4 Kebumen pada mata pelajaran IPS yaitu sulit untuk menghafal nama tokoh, dan waktu terjadinya peristiwa (tanggal, bulan dan tahun). (2) Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Kebumen dibagi menjadi dua yaitu faktor internal (yang terdiri dari faktor fisiologi dan faktor psikologi) dan faktor eksternal (faktor yang berasal dari luar diri siswa yang dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan masyarakat, dan faktor lingkungan sekolah). (3) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran IPS untuk siswa SMP Negeri 4 Kebumen antara lain: a) membuat RPP untuk mendukung proses pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran; b) menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan bervariasi untuk menghindarkan peserta didik dari rasa bosan saat pembelajaran berlangsung; c) memilih media pembelajaran yang menarik untuk mendukung tugas guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti dapat mengajukan saran antara lain: 1) Diharapkan para guru IPS SMP Negeri 4 Kebumen lebih memahami faktor�faktor penyebab kesulitan belajar siswa, mampu dengan cepat mengatasi kesulitan siswanya, dan cepat menemukan solusi. 2) Guru IPS SMP Negeri 4 Kebumen harus menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Kesulitan belajar, Strategi guru
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Dec 2024 03:24
Last Modified: 20 Dec 2024 03:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66433

Actions (login required)

View Item View Item