ANALISIS KELAYAKAN MATERI DAN BAHASA TEKS BERITA PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP
Novi Izmi Liana, 2101418081 (2021) ANALISIS KELAYAKAN MATERI DAN BAHASA TEKS BERITA PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Buku teks menjadi buku acuan utama yang berisi bahan terseleksi yang disusun oleh para pakar di bidangnya. Meskipun demikian tidak sedikit materi dalam buku teks tersebut masih memerlukan perbaikan karena tidak sesuai dengan kriteria kelayakan buku teks. Salah satu kriteria kelayakan buku teks yang memiliki peran sangat penting yaitu pada bagian isi. Bagian isi kriteria tersebut yaitu berkaitan penyajian materi pada buku teks tersebut yang berkaitan dengan kelayakan isi, penyajian, bahasa, grafika, wawasan kebangsaan, dan kelayakan pengintegrasian nilai budaya karakter bangsa pendidikan kewarganegaraan, dan nasionalisme (Hartono, 2016). Kelayakan isi buku teks berkaitan dengan kelayakan isi yang mencakup sub aspek yaitu kesesuaian uraian materi dengan KD, kelengkapan materi, kedalaman materi, keakuratan materi, dan kesesuaian materi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, fitur, dan rujukan. Selain itu, kelayakan bahasa juga memiliki peran yang sama. Kelayakan bahasa dalam buku teks dikatakan sesuai jika memiliki kesesuaian dengan tingkat perkembangan sasasran pembaca tulisan, komunikatif, ketepatan bahasa, dan keruntutan dan kesatuan gagasan. Berkaitan dengan hal tersebut dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Kelas VIII tepatnya dalam KD 3.1 “mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca”, KD 4.1 “menyimpulkan isi berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar”, KD 3.2 “menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca”, KD 4.2 “menyajikan data dan informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, dan kinesik)” perlu menggunakan buku yang layak. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai buku pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP berbasis kurikulum 2013. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi (1) bagaimana kelayakan materi buku teks bahasa Indonesia materi teks berita kelas VIII SMP berbasis kurikulum 2013, (2) bagaimana kelayakan bahasa buku teks bahasa Indonesia materi teks berita kelas VIII SMP berbasis kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan materi dan bahasa bab teks berita pada buku teks bahasa Indonesia kelas VIII SMP berbasis kurikulum 2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Wujud data dalam penelitian berupa lima buku yang dianalisis berdasarkan kesesuaian materi dan bahasa bab teks berita. Instrumen vii penelitian dalam penelitian ini yaitu rubrik penilaian, lembar observasi, lembar wawancara, pedoman wawancara, dan arsip dokumentasi. Data-data yang ditemukan kemudian menggunakan teknik analisis model Miles & Huberman. Hasil penelitian kelayakan materi dan bahasa bab teks berita pada buku teks bahasa Indonesia kelas VIII SMP terbitan Kemendikbud, Erlangga, Yudhistira, Tiga Serangkai, dan Yrama Widya yang telah dilakukan peneliti, dapat disimpulkan sebagai berikut. Terdapat empat buku memperoleh kategori sangat baik kelayakan materi teks berita yaitu buku Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs kelas VIII terbitan Erlangga, buku Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP-MTs kelas VIII terbitan Yrama Widya, buku Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VIII terbitan Yudhistira, buku Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Kelas VIII SMP dan MTs terbitan Tiga Serangkai. Terdapat satu buku memperoleh kategori baik kelayakan materi teks berita yaitu buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII SMP/MTs terbitan Kemendikbud Republik Indonesia. Terdapat empat buku kategori baik memperoleh kelayakan bahasa materi teks berita yaitu buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII SMP/MTs terbitan Kemendikbud Republik Indonesia, buku Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs kelas terbitan Erlangga, buku Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Kelas VIII SMP dan MTs terbitan Tiga Serangkai, dan buku Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP-MTs kelas VIII terbitan Yrama Widya. Terdapat satu buku memperoleh kategori kurang baik memperoleh kelayakan bahasa materi teks berita yaitu buku Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VIII terbitan Yudhistira. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan bagi pendidik dalam memilih sumber belajar teks berita, dan dapat dijadikan sebagai referensi bagi para peneliti yang ingin mengkaji penelitian yang relevan dengan penelitian penulis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku teks, teks berita, kelayakan materi, kelayakan bahasa |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 03:22 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 03:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66432 |
Actions (login required)
View Item |