PENGARUH MODEL MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BULAKAMBA


Berlian Berma Salsabila, 3601417069 (2023) PENGARUH MODEL MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BULAKAMBA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3601417069_Berlian Berma Salsabila.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan fakta yang didapat dari hasil observasi yang dilakukan di SMPN 01 Bulakamba, bahwa model pembelajaran yang dilakukan disekolah tersebut masih tergolong monoton yaitu menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah). Sehingga peserta didik kurang aktif dan kurang berpartisipasi didalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Guru belum menerapkan model yang bervariasi karena ditakutkan peserta didik akan kebingungan dan kurang paham terhadap materi yang diajarkan. Keadaan ini tentu memberikan dampak pada kualitas pencapaian pembelajaran didalam kelas. Proses pembelajaran jarang sekali kegiatan yang menuntut peserta didik memiliki pemikiran divergen atau berpikir kreatif. Terkait dengan permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk mengkaji model pembelajaran yang lebih bervariasi dengan menerapkan model pembelajaran baru yaitu model pembelajaran mind mapping pada kelas VIII di SMPN 01 Bulakamba, Kabupaten Brebes karena disekolah tersebut belum menerapkan model pembelajaran apapun terutama pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Experimental Design, adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 peserta didik yaitu terdiri dari kelas VIII I sejumlah 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII J sejumlah 32 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay yang diterapkan sesuai dengan indikator keterampilan berpikir kreatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil analisis indikator keterampilan berpikir kreatif capaian rata-rata nilai kemampuan berpikir kreatif yang dicapai oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal posttest untuk kemampuan berpikir kreatifnya mendapatkan rata-rata sebesar 82%, presentase tersebut sudah dapat dikatakan peserta didik kreatif. Sedangkan pada gambar capaian nilai rata-rata peserta didik pada aspek elaborasi cukup rendah dibandingkan dengan capaian indikator lainnya, dimana pada indikator tersebut hanya dicapai peserta didik sebesar 66%, presentase tersebut sudah dapat dikatakan bahwa peserta didik cukup kreatif. Sedangkan dalam perhitungan data statistik terdapat adanya perbedaan hasil dari posttest dimana dari hasil uji “t” posttest kedua kelompok, diperoleh thitung = 7,945 sedangkan ttabel dengan df 62 pada taraf signifikan 5% yaitu 1,998. Dengan demikian thitung > ttabel yaitu 7,945 > 1,998 yang artinya hipotesis (H1) dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat pengaruh model mind mapping terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Bulakamba

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Mind Mapping, Keterampilan Berpikir Kreatif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Dec 2024 03:02
Last Modified: 20 Dec 2024 03:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66423

Actions (login required)

View Item View Item