PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI BERMUATAN NILAI KARAKTER KESANTUNAN UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTS KELAS VII
Efa Aningsih, 2101417042 (2021) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI BERMUATAN NILAI KARAKTER KESANTUNAN UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTS KELAS VII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Cerita fantasi adalah cerita yang sepenuhnya dikembangkan berdasarkan khayalan dan salah satu pembelajaran sastra yang diajarkan pada peserta didik kelas VII SMP/MTs. Ada empat kompetensi dasar yang berkaitan dengan cerita fantasi. Kompetensi dasar tersebut berupa mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) dan menelaah struktur dan kebahasaan teks cerita imajinasi. Pada kompetensi keterampilan, materi dasar yang diajarkan yakni menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) dan menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi. Keempat materi dari dua kompetensi tersebut belum seluruhnya tertuang dalam buku teks pelajaran yang menjadi sumber utama belajar. Terlebih materi menceritakan kembali masih sangat terbatas, belum ada langkah-langah menceritakan kembali secara jelas. Perilaku peserta didik yang kurang santun dalam berbahasa dengan pendidik dan sesama peserta didik menjadikan pembelajaran tidak efektif. Oleh karena itu, diperlukan sumber belajar sebagai buku pendamping agar dapat menunjang pembelajaran menceritakan kembali dalam teks cerita fantasi. Buku pengayaan menceritakan kembali bermuatan nilai karakter kesantunan yang dapat memberikan manfaat dan wawasan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka diperoleh rumusan masalah antara lain, (1) bagaimana analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik terhadap buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter kesantunan untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs?. (2) Bagaimana prinsip�prinsip pengembangan buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter kesantunan untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs?. (3) Bagaimana desain prototipe buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter kesantunan untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs?. (4) Bagaimana penilaian dosen ahli terhadap prototipe buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter kesantunan untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs?. (5) Bagaimana hasil perbaikan terhadap prototipe buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter kesantunan untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs? Tujuan penelitian ini yakni (1) menguraikan hasil analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik terhadap buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter kesantunan untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs, (2) menyusun prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter kesantunan untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs, (3) menggambarkan desain prototipe buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter kesantunan untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs, (4) mendeskripsikan hasil penilaian dosen ahli terhadap buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter kesantunan untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs, dan (5) Mendeskripsikan hasil perbaikan prototipe buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter kesantunan untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Developmet) dari Borg dan Gall (dalam Sugiyono, 2015) dengan tahap: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain prototipe, (4) validasi protipe, dan (5) revisi protipe. Pada tahap pengumpulan data, peneliti menggunakan angket kebutuhan dan angket uji validasi terhadap buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter kesantunan. Penelitian ini menggunakan analisis deskripstif kualitatif melalui pemaparan data dan simpulan data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi (1) pendidik dan peserta didik kelas VII SMP/MTs membutuhkan buku pengayaan sebagai buku pendamping yang menyajikan materi cerita fantasi, menceritakan kembali, muatan karakter kesantunan, contoh teks cerita fantasi bermuatan nilaikarakter kesantunan dengan bahasa yang komunikatif, (2) prinsip pengembangan buku pengayaan menceritakan kembali dalam teks cerita fantasi bermuatan nilai karakter kesantunan memiliki empat aspek yakni aspek materi, aspek struktur penyajian, aspek kebahasaan, dan aspek grafika, (3) prototipe buku pengayaan terdiri atas tiga bagian yakni bagian awal, bagian isi, dan bagian akhir, (4) penilaian terhadap buku pengayaan oleh dosen ahli memperoleh nilai rata-rata 3,2 dengan kategori sangat baik, dan (5) perbaikan prototipe buku pengayaan dilakukan pada aspek materi, aspek struktur penyajian, aspek kebahasaan, dan aspek grafika. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan pendidik dan peserta didik memanfaatkan buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bermuatan nilai karakter kesantunan sebagai sumber belajar yang dapat memberikan informasi dan wawasan yang lebih. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat melakakukan penelitian lanjutan yang berkaitan dengan pengembangan buku pengayaan menceritakan kembali isi cerita fantasi bemuatan nilai karakter kesantunan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pengayaan, menceritakan kembali, teks cerita fantasi, muatan nilai karakter kesantunan |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 04:21 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 04:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66414 |
Actions (login required)
View Item |