PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU IPS DI TIGA SMP KECAMATAN PULOKULON KABUPATEN GROBOGAN


Aini Lilik Karimah, 3601415032 (2023) PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU IPS DI TIGA SMP KECAMATAN PULOKULON KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3601415032_Aini Lilik Karimah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan profesionalisme dalam melaksanakan tugas kependidikan diperlukan semata-mata agar tujuan nasional pendidikan dapat terwujud. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profesionalisme guru IPS dan pengembanganya dalam meningkatkan kompetensinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif di tiga SMP Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan yang meliputi SMP N 1 Pulokulon, SMP 3 Pulokulon dan SMP NU Hasyim Asy’ari. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru IPS di. Sumber data lain yaitu dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik untuk menguji kebenaran. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode analisis model yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivikasi penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan guru IPS dalam melaksanakan pembelajaran sudah menunjukkan cukup professional baik yang sudah bersertifikasi maupun belum bersertifikasi. Pengintegrasian berbagai disiplin ilmu sosial dalam satu mata pelajaran juga menunjukkan cukup baik. Dalam kompetensi professional dan pedagogik guru sudah cukup capable sebagai pendidik, Namun masih perlu meningkatkan profesionalitas keguruan. karena terdapat guru yang belum melakukan inovasi dan pengembangan kurikulum dalam pembelajaran. Pengembangan profesionalitas guru dalam pembelajaran menunjukkan belum maksimal karena rata-rata dalam pembelajaran masih menggunakan metode yang konvensional, yaitu ceramah dan tanya jawab, sedangkan pengunaaan metode media pembelajaran lain terlihat belum maksimal pelaksanaanya. Meskipun begitu semua guru sudah berusaha untuk mengembangkan perofesionalismenya baik melalui pelatihan maupun non kepelatihan. Diperlukan adanya evaluasi terhadap guru yang sudah bersertifikasi dalam rangka selalu meningkatkan profesionalisme guru dan pendidikan di Indonesia Pemerintah diharapkan dapat menindaklanjuti syarat pengajuan sertifikasi guru agar guru yang sudah memiliki profesionalitas mengajar dapat dengan mudah mengajukan sertifikasi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guru IPS, Profesionalisme Guru, Kompetensi
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Dec 2024 03:59
Last Modified: 19 Dec 2024 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66406

Actions (login required)

View Item View Item