HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DAN KEBUGARAN JASMANI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PJOK SISWA KELAS IV SD NEGERI DI GUGUS WIJAYA KUSUMA KEC. NGALIYAN KOTA SEMARANG
Angkon Peristiwanto, 1401417426 (2021) HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DAN KEBUGARAN JASMANI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PJOK SISWA KELAS IV SD NEGERI DI GUGUS WIJAYA KUSUMA KEC. NGALIYAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Fasilitas belajar dan kebugaran jasmani merupakan faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Fasilitas belajar yang memadai dan kebugaran jasmani dalam diri siswa yang tinggi, akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan data pra penelitian yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi diketahui bahwa fasilitas belajar dan kebugaran jasmani siswa kelas IV SDN Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan Kota semarang cukup memuaskan, serta prestasi belajar PJOK juga baik. Tujuan penelitian ini yaitu: menguji hubungan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar PJOK; menguji hubungan antara kebugaran jasmani dengan prestasi belajar PJOK; menguji hubungan antara fasilitas belajar dan kebugaran jasmani secara bersama-sama dengan prestasi belajar PJOK. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan jumlah populasi sebanyak 231 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling kuota sejumlah 149 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sebelum melakukan analisis data, dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji signifikansi, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar PJOK diperoleh nilai koefisien korelasi 0,364 dalam kriteria rendah; ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebugaran jasmani dengan prestasi belajar PJOK diperoleh nilai koefisien korelasi 0,335 dalam kriteria rendah; ada hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan kebugaran jasmani secara bersama-sama dengan prestasi belajar PJOK diperoleh nilai koefisien korelasi 0,354 dalam kriteria rendah. Simpulan dalam penelitian ini yaitu ada hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar PJOK; ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebugaran jasmani dengan prestasi belajar PJOK; ada hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan kebugaran jasmani secara bersama-sama dengan prestasi belajar PJOK. Saran bagi Guru sebaiknya dapat lebih kreatif dalam melakukan pembelajaran di tengah ketersediaan dan keadaan fasilitas belajar yang cukup memadai. Siswa hendaknya mampu meningkatkan kebugaran jasmani terutama kelenturan, daya tahan tubuh serta kelincahan dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat mencapai prestasi belajar yang optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fasilitas belajar; kebugaran jasmani; prestasi belajar PJOK |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 03:57 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 03:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66404 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |