(ABSTRAK) KUALIFIKASI PELAYANAN GURU (ASPEK PERSIAPAN, PROSES, METODE) DAN SISTEM EVALUASI PADA MATA PELAJARAN IPS DI TINGKAT PENDIDIKAN DASAR SE-KECAMATAN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011


SetiawanAdiNugroho , 3101406505 (2011) (ABSTRAK) KUALIFIKASI PELAYANAN GURU (ASPEK PERSIAPAN, PROSES, METODE) DAN SISTEM EVALUASI PADA MATA PELAJARAN IPS DI TINGKAT PENDIDIKAN DASAR SE-KECAMATAN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) KUALIFIKASI PELAYANAN GURU (ASPEK PERSIAPAN, PROSES, METODE) DAN SISTEM EVALUASI PADA MATA PELAJARAN IPS DI TINGKAT PENDIDIKAN DASAR SE-KECAMATAN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011]
Preview
PDF ((ABSTRAK) KUALIFIKASI PELAYANAN GURU (ASPEK PERSIAPAN, PROSES, METODE) DAN SISTEM EVALUASI PADA MATA PELAJARAN IPS DI TINGKAT PENDIDIKAN DASAR SE-KECAMATAN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011) - Published Version
Download (74kB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini menuntut kualitas pendidikan yang lebih baik. Pendidikan dianggap sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas, harkat, dan martabat manusia. Pendidikan dikatakan berkualitas apabila terjadi penyelenggaraan pembelajaran yang efektif dan efisien dengan melibatkan semua komponen-komponen pendidikan seperti mencakup tujuan pembelajaran, guru, peserta didik, bahan pembelajaran, metode pembelajaran, alat, dan sumber pembelajaran.Salah satu faktor yangmempengaruhi mutu pendidikan di negara kita adalah faktor tenaga pengajar atau guru. Guru merupakan tenaga yang sangat berpengaruh dalam menentukan mutu pendidikan di Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu(1) bagaimanakah persiapan mengajar guru-guru ips di tingkat pendidikan dasar Negeri se-KecamatanPurworejo.(2) metode apakah yang sering di pakai dalam pembelajaran IPS dan apakah sudah sesuaidengan karakteristik dan kebutuhan siswa, (3) bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru-guru IPS di tingkat pendidikan dasar Negeri se-KecamatanPurworejo, (4) bagaimana pengevaluasian guru-guru ips di tingkat pendidikan dasar Negeri se-KecamatanPurworejo terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui persiapaan pembelajaran guru IPS, (2) mengetahui metode yang sering digunakan dalam pembelajaran, (3) mengetahui proses pembelajaran guru IPS dan (4) mengetahui pengevaluasian guru IPS di tingkat pendidikan dasar Negeri se- KecamatanPurworejo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan fokus penelitian di 15 SD Negeri dan 3 SMP Negeri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model deskriptif kualitatif untuk menjelaskan pelayanan guru IPS di tingkatpendidikandasar se-KecamatanPurworejo ditinjau dari aspek persiapan, metode, proses dan evaluasi tahun pelajaran 2010/2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwapelayanan guru IPS di tingkatpendidikandasar se-KecamatanPurworejoditinjau dari aspek persiapan, metode, proses dan evaluasi telah berjalan dengan baik. Dalam persiapan pembelajaran guru telah mempersiapan perangkat dalam pembelajaran seperti membuat silabus, program tahunan, program semester, rencana pembelajaran dan media pembelajaran, guru juga memilih metode yang akan digunakan,dan telah merencanakan penilaian. Dalam metode pembelajaran, guru telah menggunakan berbagai metode pembelajaran seperti diskusi, tanya jawab, penugasan, tetapi secara umum guru menggunakan metode ceramah bervariasi yaitu metode ceramah yang bisa di variasi dengan metode-metode yang lain. Dalam Proses pembelajaran secara umum guru telah melakukan tiga tahap pembelajaran secara baik yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup, tetapi dalam proses pembelajaran ada kegiatan-kegiatan yang kadang tidak dilakukan dari setiap tahapnya, hal ini disebabkan alokasi waktu pelajaran sejarah yang cukup sedikit. Dalam tahap evaluasi pembelajaran,guru tidak hanya menilai dari hasil akhir tetapi juga dari proses itu sendiri. Evaluasi dilakukan bersumber pada hasil ulangan harian, tengah semester, semester, hasil tugas, hasil diskusi,dan dari prilaku siswa itu sendiri selama pembelajaran. Bentuk evaluasinya berupa tes tertulis, dan lisan. Tes tertulis berbentuk essay, pilihan ganda atau campuran. Saran yang diajukan dalam penulisan skripsi ini adalahguru IPS supaya lebih mempersiapkan perencanaan pembelajaran lebih baik lagi, lebih selektif dalam memilih metode yang disesuaikan dengan karakteristik materi, siswa dan kondisi kelas dan mencari solusi bagaimana menggunakan media pembelajaran tanpa mengganggu ke efektifan pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Guru , Persiapan, Metode, Proses, Evaluasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2011 05:59
Last Modified: 31 Oct 2011 05:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6638

Actions (login required)

View Item View Item