Peranan Keluarga Dalam Pendidikan Anak (Studi Kasus Masyarakat Nelayan Di Desa Tasikagung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang).


Heni Mulya Irwana , 3201407023 (2011) Peranan Keluarga Dalam Pendidikan Anak (Studi Kasus Masyarakat Nelayan Di Desa Tasikagung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peranan Keluarga Dalam Pendidikan Anak (Studi Kasus Masyarakat Nelayan Di Desa Tasikagung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang).]
Preview
PDF (Peranan Keluarga Dalam Pendidikan Anak (Studi Kasus Masyarakat Nelayan Di Desa Tasikagung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang).) - Submitted Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah laksana eksperimen yang tidak pernah selesai sampai kapan pun sepanjang ada kehidupan manusia di dunia ini. Pendidikan dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor keluarga. Latar belakang keluarga akan mempengaruhi karakter dan pendidikan anaknya. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat pendidikan keluarga nelayan?, bagaimana kondisi sosial-ekonomi keluarga nelayan?, dan bagaimana peranan keluarga dalam pendidikan anak pada masyarakat nelayan Di Desa TasikAgung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang?. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat pendidikan keluarga nelayan, (2) untuk mengetahui kondisi sosial-ekonomi keluarga nelayan, dan (3) untuk mengetahui peranan keluarga dalam pendidikan anak pada masyarakat nelayan Di Desa Tasikagung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Populasi dalam penelitian ini adalah Jumlah keseluruhan penduduk di desa Tasikagung yang bekerja sebagai nelayan yaitu 880 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara Double Sample dengan 2 responden sekaligus yaitu orang tua yang bekerja sebagai nelayan dan anaknya. Pengambilan sampel respondennya dilakukan secara acak dengan Random Sampling. Jumlah Sampel dalam penelitian ini adalah 88 responden orang tua dan anak. Variabel dalam penelitian ini adalah tingkat pendidikan baik pendidikan formal maupun non formal; kondisi sosial-ekonomi meliputi umur, jumlah anak, status perkawinan, jumlah tanggungan anak, pekerjaan, pendapatan, jenis tempat tinggal, dan pemilikan kekayaan; dan peranan keluarga dalam pendidikan anak meliputi pemilihan pendidikan anak, cara orang tua mendidik, suasana rumah, hubungan antara orang tua dengan anak, penyediaan fasilitas belajar, dan mendorong anak untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Metode pengumpulan data dengan metode dokumentasi, wawancara, dan angket/kuesionner. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif persentase. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat pendidikan rata-rata nelayan adalah tamat SD, pendidikan istri nelayan rata-rata adalah tamat SD. Pada pendidikan non formal, nelayan rata-rata tidak pernah mengikuti kursus. Kondisi sosial-ekonomi nelayan adalah sedang mencapai 62,2% dengan tingkat pendapatan rata-rata adalah Rp. 3.095.000,- dan pengeluaran untuk biaya hidup per bulan adalah Rp. 1.200.000,- serta biaya untuk pendidikan anak adalah Rp. 190.000,-. Rata-rata nelayan yang melaut berumur 46 tahun dengan jumlah anggota keluarga 5 orang dengan 3 orang anak. Rata-rata lama melaut adalah 25 hari, dan 5 hari lagi tinggal di rumah untuk mempersiapkan melaut lagi. Peranan keluarga dalam pemilihan pendidikan untuk anak adalah sedang, cara mendidik anak adalah sedang, suasana rumah adalah sedang. hubungan antara orang tua dengan anak dan penyediaan fasilitas belajar adalah tinggi, sedangkan peranan dalam mendorong anak untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi adalah sangat tinggi. Jadi, peranan keluarga dalam pendidikan anak adalah tinggi sebesar 76,14 %. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa tingkat pendidikan nelayan adalah rendah yang akan berpengaruh terhadap kelanjutan pendidikan anak. Kondisi sosial-ekonomi nelayan rata-rata adalah sedang yang berpengaruh terhadap penyediaan fasilitas belajar dan dorongan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Peranan keluarga dalam pendidikan anak adalah tinggi berpengaruh terhadap kelancaran pendidikan dan keberhasilan anak. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah diharapkan pemikiran orang tua tentang dunia pendidikan anak lebih luas agar anak melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, diharapkan adanya pemberdayaan nelayan dan wanita nelayan agar dapat bekerja di sektor lain untuk membantu pembiayaan pendidikan anak, dan diharapkan peranan orang tua yang tinggi mendorong kelancaran dan keberhasilan anak serta dapat didukung oleh pemerintah dan kelompok nelayan dengan memberikan beasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peranan Keluarga, Pendidikan Anak, Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2011 05:59
Last Modified: 25 Apr 2015 06:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6637

Actions (login required)

View Item View Item