REFORMASI BIROKRASI DALAM PERSPEKTIF NEW PUBLIC SERVICE (STUDI KASUS MAL PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN KENDAL)
Muhammad Syauqi Nafisal Lail, 3312418070 (2023) REFORMASI BIROKRASI DALAM PERSPEKTIF NEW PUBLIC SERVICE (STUDI KASUS MAL PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN KENDAL). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Peneliti melakukan sebuah kajian tentang reformasi birokrasi berbasis New Public Service berupa Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Kendal. Penelitian ini disusun agar mengetahui proses reformasi birokrasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal dalam menciptakan sebuah unit layanan berupa Mal Pelayanan Publik dengan menggunakan perspektif New Public Service. Capaian dalam pelaksanaannya sudah lebih efektif dan efisien, hal ini merupakan upaya dalam menciptakan pelayanan publik yang prima dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dengan memudahkan akses pelayanan publik bagi masyarakat, serta memangkas kinerja birokrasi yang cenderung paternalisme. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan menggunakan teori Birokrasi dan Reformasi Birokrasi, paradigma New Public Service dan Reformasi Birokrasi berbasis New Public Service. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis dari Miles dan Huberman, kemudian uji validitas menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian telah menunjukan bahwa reformasi birokrasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal berbasis New Public Service berupa Mal Pelayanan Publik telah dilaksanakan secara baik dalam setiap prosesnya demi mewujudkan pelayanan publik yang prima. Kemudian proses yang dilakukan terfokus mulai dari pra pembentukan, implementasi dan kendala yang dihadapi. Dalam pra pembentukannya sendiri mengedepankan nilai-nilai yang terkandung pada paradigma New Public Serice dengan mengutamakan prinsip demokrasi sehingga masyarakat dilayani sesuai dengan hak-haknya sebagai warga negara bukan pelanggan. Kemudian ketika proses implementasi dilakukan melalui empat langkah yaitu, penataan kelembagaan, penataan ketatalaksanaan, penataan sumber daya manusia aparatur birokrasi dan kualitas pelayanan. Selanjutnya terkait kendala yang dihadapi terbagi menjadi beberapa hambatan baik dari sosialisasi kepada masyarakat mengenai keberadaan Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Kendal, sarana dan prasarana yang perlu ditingkatkan lagi, dan sumber daya aparatur birokrasi yang perlu pembenahan agar lebih memahami terkait tugas dan fungsinya sebagai pelayan publik. Saran yang diajukan pada penelitian ini adalah saran akademis dan praktis. Pada saran akademis harapannya kedepan penelitian ini dapat dikembangkan melalui pendekatan kuantitatif, sedangkan saran praktis yang ditawarkan bagi Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Kendal bahwa perlu sosialiasi yang harus ditingkatkan, sistem layanan yang perlu dikembangkan, dan peningkatan terhadap sarana dan prasaran agar menjadi lebih baik. Dengan begitu maka perwujudan reformasi birokrasi di Kabupaten Kendal berupa Mal Pelayanan Publik akan jauh lebih prima
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reformasi Birokrasi, New Public Service, Mal Pelayanan Publik. |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JF Political institutions (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 09:41 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 09:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66362 |
Actions (login required)
View Item |