Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik Berpendekatan JAS pada Materi Sistem Hormon di SMP 2 Mejobo Kudus.


Noor Fitriyati , 4401407011 (2011) Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik Berpendekatan JAS pada Materi Sistem Hormon di SMP 2 Mejobo Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik Berpendekatan JAS pada Materi Sistem Hormon di SMP 2 Mejobo Kudus.]
Preview
PDF (Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik Berpendekatan JAS pada Materi Sistem Hormon di SMP 2 Mejobo Kudus.) - Submitted Version
Download (14MB) | Preview

Abstract

Proses belajar yang hanya menggunakan buku pelajaran tanpa dukungan media sebagai bahan ajar yang sesuai kebutuhan siswa, menjadikan suasana belajar menjadi kurang menarik dan membosankan serta kurang memberikan kemudahan siswa dalam memahami materi yang bersifat abstrak, salah satunya sistem hormon. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk komik berpendekatan JAS pada materi sistem hormon di SMP 2 Mejobo Kudus. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian riset dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dilaksanakan di SMP 2 Mejobo Kudus dengan menggunakan siswa kelas IX C dan IX D sebagai subjek penelitian. Faktor yang diteliti meliputi pelaksanaan pembelajaran sistem hormon di SMP 2 Mejobo Kudus, kelayakan bahan ajar berbentuk komik berpendekatan JAS berdasarkan uji kelayakan oleh pakar, serta efektivitas komik yang meliputi hasil belajar dan tanggapan guru serta siswa. Hasil observasi dan wawancara tentang pelaksanaan pembelajaran sistem hormon di SMP 2 Mejobo Kudus dianalisis secara deskriptif. Hasil uji kelayakan oleh pakar komik dan pakar materi sekaligus menilai aspek JAS dalam komik berturut-turut sebesar 96%, 98%, dan 83%. Tingkat ketuntasan klasikal kelas eksperimen dan kelas kontrol 100%. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen dan kontrol berturut-turut sebesar 83,1 dan 78,3. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung = 4,30 ttabel = 1,99. Hal ini berarti efektivitas hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Guru dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap komik. Simpulan yang dapat diambil yaitu: 1) pelaksanaan pembelajaran sistem hormon di SMP 2 Mejobo Kudus selama ini sudah sesuai dengan teori pembelajaran tetapi belum pernah menggunakan media yang mampu menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan, 2) bahan ajar berbentuk komik berpendekatan JAS pada materi sistem hormon sangat layak untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa SMP, dan 3) bahan ajar berbentuk komik berpendekatan JAS pada materi sistem hormon efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, komik berpendekatan JAS, sistem hormon, Biologi
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2011 05:50
Last Modified: 25 Apr 2015 06:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6636

Actions (login required)

View Item View Item