PERSEPSI SISWA KELAS X TENTANG NILAI-NILAI KEPAHLAWANAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMK TAMAN SISWA BOJA KENDAL TAHUN AJARAN 2020/2021


Muhammad Anis, 3101416039 (2023) PERSEPSI SISWA KELAS X TENTANG NILAI-NILAI KEPAHLAWANAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMK TAMAN SISWA BOJA KENDAL TAHUN AJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101416039 - Muhammad Anis.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran sejarah menjadi salah satu mata pelajaran yang memuat pendidikan karakter. Ki Hadjar Dewantara menjadi salah satu tokoh yang diajarkan dalam membangun karakter siswa. Nilai yang ia ajarkan tetap relevan membentuk kepribadian siswa yang berbudi luhur. Penelitian ini menjelaskan terkait persepsi siswa tentang nilai-nilai kepahlawanan Ki Hadjar Dewantara. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian di SMK Taman Siswa Boja. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah dan ketamansiswaan, siswa kelas X Farmasi dan Keperawatan. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian meliputi triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Nilai-nilai kepahlawanan yang dimiliki Ki Hadjar Dewantara di antaranya nilai religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong yang semuanya saling terkait dan terhubung satu sama lainnya, (2) Persepsi siswa tentang nilai-nilai Ki Hadjar Dewantara dalam pembelajaran sejarah bersifat positif, ini dibuktikan dengan siswa yang sudah mengetahui biografi, peran dan perjuangan Ki Hadjar Dewantara, serta nilai-nilai ajaran yang ia tinggalkan. Hal ini sejalan dengan teori persepsi, bahwa persepsi siswa dipengaruhi oleh adanya stimulus, dan sebagian besar stimulus berasal dari luar individu. Siswa mengerti bahwa Ki Hadjar Dewantara adalah tokoh pahlawan, khususnya dalam bidang pendidikan yang mendirikan Taman Siswa. Semangat perjuangannya memberikan dampak yang positif terhadap siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukan hasil positif, peneliti memberikan saran agar kurikulum sejarah kita bisa lebih mengintegrasikan sosok Ki Hadjar dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa, nilai-nilai kepahlawanan Ki Hadjar Dewantara, pembelajaran sejarah
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Dec 2024 04:25
Last Modified: 17 Dec 2024 04:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66347

Actions (login required)

View Item View Item