PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI KREATIF BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA
Fanisa Asshilah, 2101419101 (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI KREATIF BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X khususnya pada materi teks biografi masih terdapat hambatan seperti keterbatasan bahan ajar, materi pembelajaran menulis teks biografi di sekolah yang masih belum lengkap dalam menunjang kegiatan pembelajaran, dan peserta didik yang masih terpaku pada contoh teks biografi yang ada di internet. Adanya hambatan tersebut perlu dikembangkan bahan ajar yang lebih berinovasi agar mudah dipahami sesuai dengan situasi dan kebutuhan peserta didik. Pengembangan materi dapat diwujudkan dalam modul pembelajaran. Melalui modul pembelajaran menulis teks biografi berbasis Project Based Learning bermuatan profil pelajar pancasila dimensi kreatif, diharapkan peserta didik dapat menguasai konsep menulis teks biografi dengan pembelajaran berbasis proyek dan mampu berpikir kreatif. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan modul pembelajaran menulis teks biografi berbasis Project Based Learning profil pelajar pancasila bermuatan dimensi kreatif peserta didik kelas X, (2) menyusun prototipe modul pembelajaran menulis teks biografi berbasis Project Based Learning bermuatan profil pelajar pancasila dimensi kreatif peserta didik kelas X, (3) memperoleh penilaian ahli kelayakan modul pembelajaran menulis teks biografi berbasis Project Based Learning bermuatan profil pelajar pancasila dimensi kreatif peserta didik kelas X, (4) memperbaiki produk modul pembelajaran menulis teks biografi berbasis Project Based Learning bermuatan profil pelajar pancasila dimensi kreatif kelas X. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang terdiri atas 10 langkah, namun dalam penelitian ini hanya dilaksanakan sampai dengan langkah ke-5, hal tersebut karena penelitian ini hanya dilaksanakan sampai revisi. Langkah tersebut yaitu (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain prototipe; (4) validasi prototipe; dan (5) revisi prototipe. Data dan sumber data penelitian ini terdiri dari empat yaitu (1) data kecenderungan kebutuhan modul pembelajaran yang diperoleh dari; (2) data prinsip-prinsip penyusunan modul pembelajaran; (3) data skor penilaian atau validitas produk; dan (4) data perbaikan atau penyempurnaan produk. Sumber data pertama dan kedua diperoleh dari peserta didik dan pendidik di SMA Negeri 8 Semarang dan SMA Suluh Jakarta. Sumber data ketiga dan keempat diperoleh dari dosen ahli (validator). Hasil penelitian menjelaskan bahwa kebutuhan dan prinsip modul pembelajaran menulis teks biografi berbasis Project Based Learning bermuatan profil pelajar pancasila dimensi kreatif bagi peserta didik kelas X persepsi pendidik dan peserta didik terdiri atas kebutuhan aspek modul pembelajaran, aspek materi, dan aspek dimensi kreatif. Prototipe modul pembelajaran pada bagian pendahuluan modul pembelajaran disajikan halaman judul, halaman hak cipta, prakata, daftar isi, deskripsi modul, prasyarat, indikator hasil belajar, kompetensi, uji kompetensi, dan petunjuk penggunaan, Pada bagian isi/kegiatan pembelajaran yang ada dalam modul pembelajarna terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran, yakni BAB I Mengenali Teks Biografi, BAB II Menyajikan Ide atau Gagasan Teks Biografi dengan Kreatif, BAB III Mari Kreatif Menulis Teks Biografi, evaluasi, serta kunci jawaban kegiatan pembelajaran (LKPD). Kemudian, pada bagian akhir modul pembelajaran menulis teks biografi terdiri dari refleksi, daftar pustaka, glosarium, dan biodata penulis. Hasil uji validasi yang dilakukan oleh dosen ahli menunjukkan pada aspek komponen atau isi modul pembelajaran mendapatkan nilai rata-rata 85,9 dengan kategori sangat baik. Pada aspek penyajian mendapatkan nilai rata-rata 88,8 dengan kategori sangat baik. Pada aspek kegrafikaaan mendapatkan nilai rata-rata 90 dengan kategori sangat baik. Pada aspek kebahasaan mendapatkan nilai rata-rata 75 dengan kategori baik. Pada aspek menulis teks biografi mendapatkan nilai rata�rata 71,4 dengan kategori baik. Pada aspek profil pelajar pancasila dimensi kreatif mendapatkan nilai rata-rata 85 dengan kategori baik. Saran yang direkomendasikan adalah (1) modul pembelajaran menulis teks biografi berbasis Project Based Learning bermuatan profil pelajar pancasila dimensi kreatif sebaiknya digunakan oleh peserta didik dan pendidik pada jenjang SMA kelas X yang dapat dijadikan sebagai tambahan sumber belajar peserta didik secara mandiri yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Selain itu, modul pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai pendamping bahan ajar utama yang digunakan di sekolah dalam pembelajaran menulis teks biografi dan (2) peneliti menyarankan kepada peneliti lainnya untuk dapat melanjutkan penelitian ini pada tahap selanjutnya, sehingga dapat memperbaiki atau menyempurnakan kualitas modul pembelajaran agar menjadi lebih berkualitas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul pembelajaran, menulis teks biografi, project based learning, dimensi kreatif. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 04:00 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 04:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66334 |
Actions (login required)
View Item |