PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS CERPEN BERBASIS PENDEKATAN PROSES BERMUATAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK KELAS IX SMP


Meilani Khusnul Khotimah, 2101417049 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS CERPEN BERBASIS PENDEKATAN PROSES BERMUATAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK KELAS IX SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101417049 - Meilani Khusnul Khotimah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran menulis merupakan salah satu materi pembelajaran yang sangat penting bagi peseta didik guna menuangkan daya imajinasi dalam bentuk karya tulis. Salah satunya dengan menulis cerita pendek. Namun, proses pembelajaran di sekolah selama ini berpedoman pada pada buku ajar dan materi terkait cerita terkait cerpen dijelaskan secara terbatas. Selain itu, buku mengenai menulis cerita pendek masih kurang variatif. Oleh karena itu, penelitian ini menghasilkan bahan ajar menulis cerita pendek yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter, seperti sopan santun dan kerja keras, dengan pendekatan proses dalam pembelajaran menulis cerpen. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D). Sumber data penelitian ini adalah peserta didik dan pendidik dari tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berbeda di Kota Pati. Data penelitian terbagi menjadi dua yaitu kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh melalui angket kebutuhan dan angket uji validasi. Validator buku ajar hasil penelitian ini adalah pendidik dan dosen ahli di bidang pengembangan bahan ajar dan bidang kesastraan. Teknik pengumpulan data yang digunakan, wawancara, angket kebutuhan bagi peserta didik, dan pendidik, serta angket pedoman validasi desain produk. Teknik analisis data yang dilakukan, teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini membahasa mengenai (1) kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap bahan ajar menulis cerpen, (2) prinsip- prinsip pengembangan prototipe karakter, (3) prototipe bahan ajar menulis cerpen, (4) penilaian ahli terhadap prototipe bahan ajar menulis cerpen, dan (5) hasil perbaikan prototipe bahan menulis cerpen berbasis pendekatan proses bermuatan nilai pedidikan karakter bagi peserta didik kelas IX SMP. Penelitian ini menghasilkan buku bahan ajar dengan judul “Mari Belajar Menulis Cerita Pendek” Secara keseluruhan penilaian oleh validator terhadap prototipe buku bahan ajar meliputi materi dan isi memperoleh rata- rata 84.89 (sangat baik), penyajian sebesar 86 (sangat baik), bahasa sebesar 88 (sangat baik), dan grafika sebesar 86 (sangat baik). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa buku ajar tersebut dinyatakan layak sebagai buku bahan ajar menulis cerpen bagi peserta didik kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, menulis cerpen, pendekatan proses, pendidikan karakter
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Dec 2024 03:55
Last Modified: 17 Dec 2024 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66330

Actions (login required)

View Item View Item