Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Melakukan Prosedur Administrasi Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK N 9 Semarang”.


Hilma Rusnandi , 7101407141 (2011) Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Melakukan Prosedur Administrasi Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK N 9 Semarang”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Melakukan Prosedur Administrasi Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK N 9 Semarang”.]
Preview
PDF (Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Melakukan Prosedur Administrasi Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK N 9 Semarang”.) - Submitted Version
Download (711kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan peningkatan prestasi belajar yang dicapai siswa antara lain dipengaruhi oleh faktor komunikasi yang dilakukan oleh guru. Komunikasi memiliki andil yang cukup besar dalam proses belajar mengajar, dengan adanya komunikasi yang baik, maka dapat membangun motivasi siswa terhadap mata pelajaran yang diajarkan sehingga siswa akan selalu tertarik pada mata pelajaran tersebut. Permasalahan yang dikaji adalah 1) Bagaimana tingkat kemampuan komunikasi guru terhadap mata diklat melakukan prosedur administrasi? 2) Bagaimana tingkat motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata diklat melakukan prosedur administrasi? 3) Adakah pengaruh kemampuan komunikasi dan motivasi terhadap prestasi belajar mata diklat melakukan prosedur administrasi? 4) seberapa besar pengaruh kemampuan komunikasi dan motivasi terhadap prestasi belajar mata diklat melakukan prosedur administrasi?. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan administrasi SMK Negeri 9 Semarang sebanyak 120 siswa yang tersebar dalam 3 kelas. Pengambilan sampel yang berjumlah 93 siswa dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Ada tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: kemampuan komunikasi guru, motivasi belajar siswa dan prestasi belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Field Researt atau penelitian lapangan yaitu dengan cara menyebar angket yang kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif persentase dan teknik analisis regresi. Berdasarkan hasil regresi berganda diperoleh model regresi Y=41.863+0,238X1+0,322X2. Dari hasil uji deskriptif presentasi kemampuan komunikasi guru masuk dalam kategori rendah sebesar 51,81%, sedangkan dilihat dari perhitungan uji F diperoleh Fhitung sebesar 32,986 pada taraf signifikansi 5% diperoleh Ftabel 3,097, menunjukkan “Ada pengaruh positif kemampuan komunikasi guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata diklat melakukan prosedur administrasi siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran. Kemudian dari nilai adjusted R square besarnnya pengaruh kemampuan komunikasi guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata diklat melakukan prosedur administrasi yaitu sebesar 51%, dengan demikian pengaruh kemampuan komunikasi guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata diklat melakukan prosedur administrasi sangat berpengaruh sekali. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan komunikasi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata diklat melakukan prosedur administrasi secara simultan dan parsial. Sarannya adalah agar kemampuan komunikasi guru dalam proses belajar mengajar hendaknya lebih ditingkatkan terutama pada penyampaian materi secara tertulis, komunikasi melalui media elektronik, serta komunikasi dalam aktivitas kelompok supaya PBM lebih efektif, mudah diikuti dan dipahami oleh siswa dan dengan melihat motivasi berpengaruh terhadap prestasi belajar, siswa diharapkan dapat mempertahankan motivasi belajarnya dengan melihat pada minat kearah pencapaian nilai tertinggi di kelas serta pada kemampuan belajar diharapkan siswa lebih berani untuk bertanya kepada guru apabila ada materi pelajaran yang belum jelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi, Motivasi, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2011 05:16
Last Modified: 25 Apr 2015 06:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6631

Actions (login required)

View Item View Item