KELAS ORANG TUA SEBAGAI MODEL KOLABORASI GURU, ORANG TUA, DAN MASYARAKAT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR


Slamet Santoso, 0601616007 (2023) KELAS ORANG TUA SEBAGAI MODEL KOLABORASI GURU, ORANG TUA, DAN MASYARAKAT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR. Doctoral thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0601616007 - slamet santoso.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Implementasi pembelajaran pendidikan jasmani hendaknya terprogram dengan baik dan berkelanjutan, diawali dari keluarga (orang tua) dan berkolaborasi dengan sekolah (guru) serta stakeholder (masyarakat pendidikan). Sebagian besar dari orang tua dalam proses pendidikan, masih menyerahkan kepada pihak sekolah dan keterlibatannya pun masih di rasa kurang serta belum adanya kerjasama yang baik antara guru dengan orang tua dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Perihal tersebut berdampak terhadap pembentukan karakter dan hasil belajar anak yang belum optimal. Berdasarkan hal tersebut perlu kiranya ada upaya untuk mengembangkan model pembelajaran kolaborasi yang melibatkan orang tua, guru dan masyarakat. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan produk kelas orang tua sebagai model kolaborasi guru, orang tua dan masyarakat di sekolah dasar dalam upaya membentuk karakter anak. Penelitian dan pengembangan ini mencangkup sepuluh langkah, dengan uji coba skala kecil dilaksanakan di 2 sekolah dasar yang terletak di pedesaan dan perkotaan yang melibatkan 57 orang tua dan 5 guru. Uji coba berskala besar ini telah dilaksanakan di 4 sekolah dasar seperti; SD Negeri Muntilan 1, SD Negeri Mertoyudan, SD Negeri Pagergunung dan SD Negeri Wonosoka Kabupaten Magelang yang melibatkan 12 guru (guru pendidikan jasmani, kepala sekolah dan guru kelas). Desain penelitian ini menggunakan sequential explanatory, maksudnya adalah data-data kuantitatif setelah terkumpul baru dianalisis, tahap selanjutnya baru mengumpulkan data kualitatif dan menganalisisnya. Penelitian ini menghasilkan produk kelas orang tua sebagai model kolaborasi antara guru, orang tua dan masyarakat yang didalamnya terdapat 8 tahapan pelaksanaan kelas orang tua yang terdiri dari; 1) identifikasi kebutuhan, 2) Identifikasi potensi orang tua, 3) Memotivasi orang tua, 4) Pembentukan pengurus, 5) Menyusun program, 6) Menyusun jadwal kegiatan, 7) Melaksanakan program, 8) Evaluasi dan refleksi. Simpulan dari penelitian ini adalah, program kelas orang tua ini sangat cocok dan efektif untuk membentuk karakter anak seperti; religius, pantang menyerah, kerja keras, kerjasama, kedisiplinan, kejujuran, kepedulian, gotong royong, menghargai, menghormati dan kemandirian.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: kelas orang tua, kolaborasi, pendidikan jasmani, sekolah dasar
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S3
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Dec 2024 03:12
Last Modified: 17 Dec 2024 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66307

Actions (login required)

View Item View Item