KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF EFFICACY SISWA SEKOLAH DASAR


ANA MUFIDATUS SA’ADAH, 0103519023 (2023) KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF EFFICACY SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0103519023  - Ana Mufidatus Sa`adah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (28MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran di kelas V SD Negeri di Kecamatan Kayen Kabupaten Pati masih bersifat ekspositori. Model pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang inovatif, serta kemampuan berpikir kritis dan self efficacy siswa masih rendah sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa masih kurang dari KKM yang ditentukan oleh sekolah. Berdasarkan kegiatan dokumentasi awal, diperoleh data hasil ulangan pada materi kegiatan ekonomi bahwa persentase siswa yang nilainya dibawah KKM adalah 70,21%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self efficacy siswa SD Negeri di Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment non equivalent pretest-posttest within control group design. Sampel pada penelitian ini sebanyak 48 siswa yang terdiri dari 26 siswa kelas eksperimen dan 22 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, non tes berupa angket berskala, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif, uji asumsi atau uji prasyarat, uji homogenitas, uji hipotesis yang meliputi uji N-Gain dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai N-Gain kemampuan berpikir kritis pada kelas ekperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai keefektifan sebesar 1,7903. Nilai N-Gain self efficacy pada kelas ekperimen dan kelas kontrol maka diperoleh nilai keefektifan sebesar 1,4253. Karena nilai keefektifan > 1, jadi dapat disimpulkan bahwa model discovery learning efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self efficacy siswa. Oleh karena itu, dalam pembelajaran disarankan agar guru memanfaatkan model discovery learning agar siswa lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis, self efficacy, model discovery learning.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Dec 2024 02:48
Last Modified: 17 Dec 2024 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66294

Actions (login required)

View Item View Item