EFEKTIVITAS LKPD SISTEM EKSKRESI TERINTEGRASI MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA


Wahyu Kurnianing Tyas, 4401417069 (2022) EFEKTIVITAS LKPD SISTEM EKSKRESI TERINTEGRASI MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401417069 - Wahyu Kurnianing Tyas.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam mata pelajaran biologi perlu dikembangkan terutama pada materi sistem ekskresi yang mempelajari konsep�konsep bioproses fisiologis. LKDP digunakan sebagai media pembelajaran yang melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui penguasaan konsep secara sistematis. Model guided discovery learning mendukung peserta didik untuk menemukan konsep pengetahuannya sendiri dengan bimbingan guru sebagai fasilitator. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keefektifan pengaplikasian LKPD Sistem Ekskresi Terintegrasi Model Guided Discovery Learning Berbantuan Google Classroom untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Jenis penelitian ini yaitu, quasi experimental dengan rancangan nonequivalen control group desain. Sampel pada penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Data hasil kemampuan berpikir kritis peserta didik diukur menggunakan instrumen test dan data respons peserta didik diukur menggunakan instrumen angket. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata hasil belajar 79,50 > 69,63. Peningkatan rata-rata kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berada pada kategori yang sama yaitu sedang dan berbeda secara signifikan dengan nilai N-gain 0,61 > 0,43. Ketuntasan klasikal kelas eksperimen sebesar 83,33% dan kelas kontrol sebesar 48,15%. Kelas eksperimen memberikan respons dari rentang cukup hingga sangat baik terhadap pembelajaran yang telah diterapkan. Simpulan penelitian ini yaitu pengaplikasian LKPD Sistem Ekskresi Terintegrasi Model Guided Discovery Learning Berbantuan Google Classroom efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMA Sultan Agung 1 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Guided Discovery Learning, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 13 Dec 2024 04:18
Last Modified: 13 Dec 2024 04:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66266

Actions (login required)

View Item View Item