PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR BERBASIS PBL MATERI SISTEM PENCERNAAN HEWAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP


Indriyati, 4401417025 (2022) PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR BERBASIS PBL MATERI SISTEM PENCERNAAN HEWAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401417025 - Indriyati Unnes.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Suplemen bahan ajar materi sistem pencernaan hewan berbasis PBL, dikembangakan berdasarkan analisis kebutuhan siswa dan observasi dalam pembelajaran. Suplemen disusun sebagai media pendukung bagi guru untuk membantu dalam kegiatan belajar di kelas. Penggunaan media pada saat proses pembelajaran bertujuan agar siswa dapat membentuk konsepnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan suplemen bahan ajar berdasarkan penilaian validator melalui expert-judgment, menguji keterbacaan suplemen bahan ajar, menganalisis penguasaan konsep siswa dengan melihat peningkatan hasil belajar melalui uji n-gain pada nilai pretest dan posttest serta menganalisis kepraktisan suplemen bahan ajar berdasarkan respon guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D dan model ADDIE, dengan tahapan analysis, design, development, implementation dan evaluation. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VIII H SMP N 13 Semarang. Hasil penilaian kelayakan suplemen bahan ajar dinyatakan sangat layak oleh ahli materi dan ahli media dengan skor kelayakan berturut-turut sebesar 88% dan 95%. Uji keterbacaan suplemen bahan ajar dinyatakan mudah dipahami dengan skor rerata 82.5%. Uji n�gain pada pretest dan posttest diperoleh hasil sebesar 0.7 dengan kriteria tinggi. Guru dan siswa memberikan respon praktis atau baik setelah menggunakan suplemen bahan ajar dibuktikan dengan skor rerata respon siswa sebesar 81% dan skor respon guru sebesar 89%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah suplemen bahan ajar berbasis PBL materi sistem pencernaan hewan yang dikembangkan layak dan praktis digunakan dalam menunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem pencernaan hewan, Problem Based Learning, penguasaan konsep
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 13 Dec 2024 04:14
Last Modified: 13 Dec 2024 04:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66264

Actions (login required)

View Item View Item