PENGEMBANGAN LKS ELEKTRONIK BERBASIS MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN


Intan Fauziyah, 4301417020 (2022) PENGEMBANGAN LKS ELEKTRONIK BERBASIS MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301417020 - Intan Fauziyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan tanggapan respon siswa pada LKS elektronik kelarutan dan hasil kali kelarutan. Desain penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang telah dimodifikasi menjadi 3D. Desain penelitian tersebut terdiri dari define, design, dan develop. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dan tes. Data yang diperoleh adalah hasil validasi dari ahli materi dan ahli media, hasil tes siswa, dan tanggapan siswa pada uji coba skala kecil. LKS elektronik yang dikembangkan memiliki karakteristik berbasis multirepresentasi. Hasil kelayakan ahli materi terhadap LKS elektronik mendapat rerata skor dengan persentase sebesar 81,86% dengan kriteria layak. Hasil kelayakan ahli media mendapat rerata skor dengan persentase sebesar 94,16% dengan kriteria sangat layak. Kepraktisan LKS dinilai berdasarkan perolehan skor angket respon siswa sebesar 89% dengan kriteria sangat praktis dan keterbacaan. LKS elektronik yang dikembangkan mendapat tanggapan positif dengan rerata skor dengan persentase sebesar 89,1% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, LKS elektronik berbasis multi representasi materi kelarutan dan hasil kali kelarutan yang dikembangkan layak dan praktis digunakan dan mendapatkan tanggapan positif dari siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKS, multi representasi, pemahaman konsep.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 13 Dec 2024 04:07
Last Modified: 13 Dec 2024 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66261

Actions (login required)

View Item View Item