DESAIN INSTRUMEN TES URAIAN PENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK TERKAIT MATERI STOIKIOMETRI
Umrotul Muna, 4301414083 (2022) DESAIN INSTRUMEN TES URAIAN PENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK TERKAIT MATERI STOIKIOMETRI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis yang baik penting dimilik oleh peserta didik demi terjapainya tujuan pendidikan pemerintah. Namun saat ini instrumen untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik khususnya pada materi stoikiomteri kelas X MIA SMA masih minim adanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes uraian untuk mengukur keterampilan berpikir kritis terkait materi stokiometri. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D. Namun, penelitian ini hanya sampai pada tahap D yang ketiga yaitu development. Hasil validasi ahli terhadap instrumen tes uraian pengukur KBK yang dikembangkan mendapat respon positif dengan skor sebesar 28 dan 29 dari total skor 36, sehingga produk instrumen tes uraian pengukur KBK peserta didik terkait stoikiometri dinyatakan layak dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach didapatkan angka reliabilitas sebesar 0,845 dengan rkritis sebesar 0,367 pada taraf signifikan 5% dan jumlah peserta tes 29, sehingga produk bersifat reliabel. Keefektifan instrumen dilihat dari kemampuan instrumen tes mengkategorikan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa 14% peserta didik masuk ke dalam kategori sangat tinggi, 38% peserta didik masuk ke dalam kategori tinggi, 38% peserta didik masuk ke dalam kategori sedang, dan 10% peserta didik masuk ke dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk tes uraian pengukur KBK peserta didik terkait stoikiometri yang dikembangkan bersifat layak dan efektif digunakan sebagai instrumen tes untuk analisis miskonsepsi siswa terkait larutan penyangga.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen tes uraian, Keterampilan Berpikir Kritis, Stoikiometri. |
Subjects: | L Education > Special Education > Chemistry Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 04:04 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 04:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66260 |
Actions (login required)
View Item |