DESAIN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK TWO TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM KOLOID


Nanda Sekar Galih Nastiti, 4301414077 (2022) DESAIN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK TWO TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM KOLOID. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301414077 - Nanda Sekar Galih Nastiti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman konsep adalah aspek yang sangat penting dalam pendidikan. Pemahaman konsep adalah dasar untuk masuk ke dalam materi yang lebih kompleks. Peserta didik yang tidak memahami konsep akan kesulitan untuk masuk ke dalam materi yang lebih jauh. Oleh karena itu pemahaman konsep peserta didik harus lebih ditekankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik two tiers multiple choice untuk mengukur pemahaman konsep siswa terkait materi sitem koloid. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D. Namun, penelitian ini hanya sampai pada tahap D yang ketiga yaitu Development. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Godong terhadap siswa kelas XII MIPA 1 dan XII MIPA 2. Hasil validasi ahli terhadap instrumen tes two tier multiple choice yang dikembangkan mendapat respon positif dengan skor sebesar 30 dan 33 dari total skor 36, sehingga produk tes two tier multiple choice dinyatakan layak dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Uji reliabilitas menggunakan formula cronbach’s alpha didapatkan angka reliabilitas sebesar 0,80 dengan rkritis sebesar 0,349 pada taraf signifikan 5% dan jumlah siswa 32, sehingga produk tes two tier multiple choice bersifat reliabel. Keefektifan instrumen dilihat dari kemampuan instrumen tes mengkategorikan pemahaman konsep peserta didik. Hasil analisis menunjukan bahwa siswa yang memiliki kriteria paham konsep sebanyak 51,74%, miskonsepsi sebesar 31,08% dan tidak paham konsep sebesar 17,19%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk tes two tier multiple choice yang dikembangkan bersifat layak dan efektif digunakan sebagai instrumen tes untuk mengukur pemahaman konsep pada materi sistem koloid.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, instrumen tes, two tier multiple choice
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 13 Dec 2024 04:01
Last Modified: 13 Dec 2024 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66259

Actions (login required)

View Item View Item