PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI HOTS BERBASIS CBT INTERAKTIF PADA MATERI FLUIDA STATIS
Fatimah, 4201416048 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI HOTS BERBASIS CBT INTERAKTIF PADA MATERI FLUIDA STATIS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi HOTS berbasis CBT interaktif pada materi fluida statis. Interaksi butir soal yang digunakan yakni drag and drop, isian, dan drop-down. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Responden dalam penelitian ini berjumlah 125 siswa. Soal yang dikembangkan berjumlah 23 butir soal berbentuk pilihan ganda CBT interaktif berbantuan moodle. Analisis yang dilakukan meliputi analisis karakteristik tes, profil HOTS dimensi kognitif dan profil HOTS berdasarkan format butir soal. Instrumen evaluasi yang dikembangkan memiliki konsistensi internal butir soal 0,566 (C4: 0,511; C5: 0,577; C6: 0,611) dengan kategori konsisten dan reliabilitas 0,876 dengan kategori sangat tinggi. Daya beda butir soal rata-rata 0,399 (C4: 0,369; C5: 0,419; C6: 0,411) dengan kategori cukup dan tingkat kesukaran butir soal rata-rata 0,454 (C4: 0,453; C5: 0,462; C6: 0,446) dengan kategori sedang. Profil HOTS dimensi proses kognitif termasuk kategori cukup dengan rata-rata nilai proses kognitif C4 sebesar 45, C5 sebesar 47, dan C6 sebesar 45. Rata-rata profil HOTS berdasarkan format butir soal, yaitu drag and drop memperoleh 33,67 kategori kurang, isian memperoleh nilai 39,50 kategori kurang, dan drop-down memperoleh nilai 53,67 kategori cukup. Format butir soal drop-down lebih mendominasi dibandingkan format butir soal drag and drop, dan isian. Tingkat kesukaran yang diperoleh berdasarkan interaksi soal, yaitu drag and drop: 0,361; isian: 0,436; dan drop-down: 0,539. Interaksi butir soal drag and drop, isian, dan drop-down secara berturut-turut bersesuaian dengan butir-butir soal yang semakin mudah. Pengaruh interaksi dapat dieksplorasi lebih lanjut menggunakan butir-butir soal dengan tingkat kesukaran yang sama.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen Evaluasi, HOTS, CBT Interaktif, Fluida Statis |
Subjects: | L Education > Special Education > Physical Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 03:53 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 03:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66255 |
Actions (login required)
View Item |