PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBANTUAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA


Sofi Alifani, 4201416030 (2022) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBANTUAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201416030 - Fatimah Unnes.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi COVID-19 yang berdampak pada dunia pendidikan membuat pemerintah mengambil kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diterapkannya metode pembelajaran e-learning berbantuan media sosial Instagram terhadap hasil belajar siswa. Pengaruh dari perlakuan tersebut diperoleh dengan cara melihat perbandingan hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan media Instagram dengan kelas kontrol yang menggunakan media konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain desain control group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan persentase peningkatan nilai hasil belajar berdasarkan uji n-gain adalah sebesar 70,40% yang termasuk dalam kategori tinggi. Dari uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 12,90, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran e-learning berbantuan media sosial Instagram berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil angket respon siswa yang menggunakan Instagram sebagai media pembelajaran menunjukkan hasil 89% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-learning, Instagram, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 13 Dec 2024 03:49
Last Modified: 13 Dec 2024 03:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66254

Actions (login required)

View Item View Item