PENGEMBANGAN LKPD PERCOBAAN OSILASI PEGAS BERBASIS LIVEWORKSHEET BERPENDEKATAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIH KEMAMPUAN ANALISIS DAN INTERPRETASI PESERTA DIDIK


Amanatus Sa’diyyah, 4201418027 (2022) PENGEMBANGAN LKPD PERCOBAAN OSILASI PEGAS BERBASIS LIVEWORKSHEET BERPENDEKATAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIH KEMAMPUAN ANALISIS DAN INTERPRETASI PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201418027_Amanatus Sa'diyyah - Amanatus Sa'diyyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam penggunaan bahan ajar merupakan sarana penunjang keterlaksanaan proses pembelajaran. Bahan ajar berbasis teknologi yang menarik dapat digunakan sebagai sumber belajar peserta didik untuk meningkatkan keaktifan dan kemandirian peserta didik dalam belajar. Berdasarkan beberapa kajian penelitian terdahulu, pemanfaatan bahan ajar berbasis Liveworksheet berpendekatan guided discovery learning secara simultan dan krusial dapat digunakan untuk memecahkan sebuah permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, respon peserta didik, efektivitas, dan pengaruh implementasi LKPD percobaan osilasi pegas berbasis Liveworksheet berpendekatan guided discovery learning untuk melatih kemampuan analisis dan interpretasi peserta didik pada percobaan osilasi pegas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan desain uji coba produk menggunakan one group pretest�posttest design. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) hasil uji validasi LKPD oleh ahli memperoleh nilai validasi sebesar 0,80 dengan kriteria tinggi; (2) hasil uji kepraktisan LKPD memperoleh persentase sebesar 76% dengan kriteria praktis; (3) hasil uji respon peserta didik terhadap LKPD memperoleh persentasi sebesar 77% dengan kriteria baik; (4) hasil uji efektivitas LKPD memperoleh nilai 83,20 dengan kriteria sangat efektif; dan (5) hasil uji peningkatan kemampuan analisis dengan skor rata-rata pretest 144, skor rata-rata posttest 521, dan nilai N-Gain sebesar 0,50 dengan kriteria sedang, sedangkan uji peningkatan kemampuan interpretasi dengan skor rata-rata pretest 271, skor rata-rata posttest 506, dan nilai N-Gain sebesar 0,71 dengan kriteria tinggi. Dengan demikian, LKPD percobaan osilasi pegas berbasis Liveworksheet berpendekatan guided discovery learning untuk melatih kemampuan analisis dan interpretasi peserta didik pada percobaan osilasi pegas dalam penelitian ini dinyatakan valid, praktis, dan sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan analisis dan interpretasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Percobaan Osilasi Pegas, Liveworksheet, Guided Discovery Learning, Kemampuan Analisis, Kemampuan Interpretasi.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 13 Dec 2024 03:09
Last Modified: 13 Dec 2024 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66233

Actions (login required)

View Item View Item