PERAN GURU DALAM MEMBIMBING AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 BOJONG


Wiwin Frawinda, 3301417034 (2022) PERAN GURU DALAM MEMBIMBING AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 BOJONG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3301417034 - Wiwin Frawinda.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Guru adalah orang tua bagi siswa ketika di sekolah yang memiliki peran sangat penting untuk keberhasilan suatu tujuan pembelajaran. Masa pandemi Covid-19 menyebabkan aktivitas siswa menurun dalam pembelajaran jarak jauh maupun tatap muka. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui peran guru dalam membimbing aktivitas siswa dan 2) aktivitas yang dilakukan siswa pada pembelajaran PPKn masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Bojong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data diperoleh menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara terhadap guru PPKn kelas VII dan VIII, serta siswa kelas VII dan VIII. Teknik pengujian validitas data menggunakan triangulasi, dan analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Hubberman yang melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa (1) peran guru pada pembelajaran PPKn di masa pandemi Covid-19 di SMP N 1 Bojong yaitu sebagai demonstrator guru mampu mengaktualisasi materi pembelajaran, sebagai pengelola kelas guru mampu mengelola pembelajaran yang variatif, sebagai mediator dan fasilitator guru mengoptimalisasi media pembelajaran yang menarik, dan sebagai evaluator guru mengevaluasi pembelajaran secara sistematis. Selain itu, guru menanamkan nilai�nilai karakter religius, kerukunan, serta kerja sama. (2) Aktivitas yang dilakukan siswa SMP N 1 Bojong pada pembelajaran PPKn masa pandemi Covid-19 antara lain aktivitas visual berupa membaca literasi baik cetak maupun digital, aktivitas mendengarkan berupa mendengarkan penyajian materi dari guru, aktivitas menulis berupa membuat rangkuman materi, aktivitas menggambar berupa menggambar peta konsep, aktivitas mental berupa mengingat hal yang telah dipelajari, dan aktivitas emosional berupa semangat mengikuti pembelajaran. Saran dalam penelitian ini, bagi sekolah hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk bahan evaluasi meningkatkan peran guru serta aktivitas belajar di SMP Negeri 1 Bojong untuk kedepannya menjadi lebih baik agar tidak terjadi lost learning dan lost generation di tengah pandemi COVID-19. Bagi guru diharapkan data yang diperoleh dapat dimanfaatkan sebagai bahan evaluasi dalam melakukan inovasi pembelajaran guna membangkitkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Bojong.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Aktivitas Siswa, Pembelajaran PPKn.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 13 Dec 2024 03:03
Last Modified: 13 Dec 2024 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66232

Actions (login required)

View Item View Item