Penerapan Problem Based Learning dan Contextual Teaching and Learning pada Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Sub Materi Pokok Segitiga dan Jajargenjang pada Kelas VII SMP Negeri 5 Batang.


Nur Apsari Apatiya , 4101407004 (2011) Penerapan Problem Based Learning dan Contextual Teaching and Learning pada Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Sub Materi Pokok Segitiga dan Jajargenjang pada Kelas VII SMP Negeri 5 Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Problem Based Learning dan Contextual Teaching and Learning pada Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Sub Materi Pokok Segitiga dan Jajargenjang pada Kelas VII SMP Negeri 5 Batang.]
Preview
PDF (Penerapan Problem Based Learning dan Contextual Teaching and Learning pada Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Sub Materi Pokok Segitiga dan Jajargenjang pada Kelas VII SMP Negeri 5 Batang.) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

SMP Negeri 5 Batang masih menerapkan model pembelajaran ekspositori yang kurang sesuai dengan KTSP dan kurang optimal terhadap kemampuan pemecahan masalah, termasuk materi segitiga dan jajargenjang. Oleh sebab itu diperlukan pemilihan model pembelajaran baru yang menarik dan kontekstual sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Model pembelajaran yang dipilih antara lain Problem Based Learning dan Contextual Teaching and Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik yang dikenai penerapan model pembelajaran Problem Based Learning memiliki hasil paling baik daripada kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik yang dikenai penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan pembelajaran konvensional dalam sub materi pokok segitiga dan jajar genjang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Batang. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling terpilih peserta didik yang terbagi dalam tiga kelas sampel yakni kelas VII D yang dikenai penerapan model pembelajaran Ekspositori, kelas VII E yang dikenai penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, dan kelas VII F yang dikenai penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan tes untuk merumuskan hasil penelitian. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas data akhir, hasil menunjukkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan pada ketuntasan belajar dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan Contextual Teaching and Learning dapat mencapai ketuntasan belajar. Pada uji kesamaan rata-rata anava dan uji lanjut LSD dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara peserta didik yang belajar dengan Problem Based Learning, Contextual Teaching and Learning, ekspositori. Simpulan yang diperoleh adalah model pembelajaran Problem Based Learning paling baik diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam sub materi pokok segitiga dan jajargenjang pada kelas VII SMP Negeri 5 Batang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Contextual Teaching and Learning, Pemecahan Masalah, Segitiga, Jajargenjang
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 31 Oct 2011 04:34
Last Modified: 25 Apr 2015 06:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6621

Actions (login required)

View Item View Item