KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READ THINK TALK WRITE BERPENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI SELF EFFICACY


MUTHIA MARDHATILLAH, 0401521029 (2023) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READ THINK TALK WRITE BERPENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI SELF EFFICACY. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan satu kemampuan dasar matematis yang harus dimiliki oleh peserta didik sekolah menengah. Namun faktanya kemampuan komunikasi matematis di sekolah masih tergolong rendah. Peserta didik masih kesulitan dalam menggunakan bahasa sendiri, memodelkan masalah dan merefleksikan gambar ke dalam ide-ide matematika. Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, diperlukan modifikasi pembelajaran berupa model RTTW berpendekatan Saintifik. Selain model pembelajaran, self ffficacy peserta didik juga memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis. Sehingga tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan model pembelajaran RTTW berpendekatan Saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self efficacy dan untuk mendiskripsikan kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self efficacy pada model pembelajaran RTTW berpendekatan Saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan desain sequential eksplanatory. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Semarang dengan subjek penelitian diambil pada kelas eksperimen sebanyak 6 peserta didik dengan masing-masing 2 peserta didik self efficacy tinggi, sedang dan rendah. Subjek penelitian dideskripsikan kemampuan komunikasi matematis dengan melakukan wawancara. Untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran menggunakan uji-t dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model RTTW berpendekatan Saintifik dinyatakan efektif dengan rata-rata tes akhir kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dan terdapat pengaruh self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen. Peserta didik dengan kategori self efficacy tinggi memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis dengan baik. Peserta didik dengan kategori self efficacy sedang mampu memenuhi indikator 1, kurang pada indikator 2 dan cukup pada indikator 3. Dan peserta didik dengan kategori self efficacy rendah kurang mampu memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Read Think Talk Write (RTTW), Pendekatan Saintifik, Self Efficacy.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 11 Dec 2024 12:55
Last Modified: 11 Dec 2024 12:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66198

Actions (login required)

View Item View Item