STRATEGI PENGEMBANGAN BUDIDAYA BANDENG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA DI KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG
MUHAMMAD ABDULLAH MUBAROK, 0712519004 (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN BUDIDAYA BANDENG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA DI KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kegiatan produksi sektor perikanan laut dilakukan melalui upaya penangkapan ikan, pembudidayaan ikan, dan pengelolaan ikan. Kegiatan tersebut merupakan aktivitas yang diperbolehkan oleh Negara selama dapat berjalan selaras, seimbang, dan tidak bertentangan dengan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tujuan utama dari penelitian ini adalah dapat meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat dengan mengembangkan sistem budidaya yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah nelayan budidaya Bandeng di Kecamatan Tugu Kota Semarang. Variabel dalam penelitian ini adalah faktor internal, faktor eksternal dan SWOT. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan Faktor Kekuatan yaitu sumber daya manusia mempounyai aspek pengalaman dalam menjalankan budidaya ikan bandeng, sumber daya manusia mempunyai keahlian dalam menjalankan budidaya ikan bandeng, adanya luas lahan tambak bisa membantu proses pertumbuhan, ketersediaan tenaga kerja dan ketersediaan pelanggan tetap. Faktor kelemahan yaitu sulitnya mendapat bibit ikan bandeng, adanya kndalkam pemenuhan modal, ikan bandeng mudah terserang penyakit, terbatasnya akses pasar dan sarana dan prasarana yang kurang memadai.Faktor eksternal, Faktor peluang yaitu pasaran ikan bandeng cukup mudah, adanya dukungan pemerintah setempat dalam usaha budidaya ikan bandeng, ikan bandeng dapat menghasilkan nilai tambah dengan memproduksi bandeng presto Kemajuan teknologi dan bertambahnya permintaan pasar akan ikan bandeng. Faktor ancaman yaitu harga ikan bandeng kurang stabil, keadaan iklim yang kurang mendukung, kenaikan harga poakan ikan, daya beli masyarakat, persaingan produk yang sama, kondisi perekonimian yang tidak stabil dan banyaknya epngusaha ikan bandeng. Pada Matriks Posisi berada pada kuadran II yang menunjukkan bahwa usaha tambak ikan bandeng kuat dan berpeluang. Strategi yang diberikan adalah Agresif, dimana ada kekuatan yang dimanfaatkan untuk meraih peluang yang menguntungkan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Usaha, Faktor internal;. Eksternal, SWOT dan pendapatan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 12:48 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 12:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66197 |
Actions (login required)
View Item |