MENGOPRASIONALISASIKAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA PADA KEGIATAN P5 DI SD NEGERI 2 ROWOBONI KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG
Rani Suningsih, 1102419004 (2023) MENGOPRASIONALISASIKAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA PADA KEGIATAN P5 DI SD NEGERI 2 ROWOBONI KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Kebijakan Kurikulum merdeka membawa perubahan pada lembaga pendidikan, seperti dapat meningkatkan minat belajar yang membawa pengaruh besar terhadap siswa. Untuk mencapai perubahan yang mengubah siswa menjadi semangat belajar tentunya membutuhkan penguatan suatu rancangan capaian. Tujuan penulisan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Oprasionalisasi Kurikulum Merdeka yang mencakup rumusan tujuan, isi/ konten, pencapaian strategi, dan mengevaluasi yang dilakukan untuk mengukur keberhasilan pencapaian strategi dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa di SD Negeri 2 Rowoboni. Meteode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis metode studi kasus yang bersifat deskriptif. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mendapatkan keabsahan data menggunakan teknik pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rumusan tujuan kurikulum merdeka dapat memprogram keberhasilan dalam meningkatkan semangat belajar siswa. Rumusan tujuan ini di SD Negeri 2 Rowoboni melakukan adanya perubahan dan pembelajaran yang bermakna. Pembelajaran dibuat agar lebih efisien dan cepat dalam mencapai tujuan yang dapat meningkatkan taraf pendidikan dan pembelajaran, serta guru mampu menumbuhkan suasana belajar yang dapat menggugah siswa untuk bergairah dalam belajar. (2) Penerapan isi pembelajaran dalam mengakomodasi pencapaian tujuan kurikulum. Isi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa agar pengetahuannya dapat terpenuhi. Siswa juga tidak dipaksa untuk pembelajaran perminatan, tetapi mereka bebas dalam memilih pelajaran yang mereka inginkan, seperti belajar diluar ruangan, proyek, belajar menggunakan media teknologi. (3) Strategi pencapaian tujuan dalam penerapan isi pembelajaran. Hal yang mendukung dalam strategi capaian pembelajaran di SD Negeri 2 Rowoboni, yaitu guru membuat pembentukan RPP yang baik, yang mana tidak berisikan satu metode. (4) Evaluasi yang dilakukan untuk mengukur pencapaian keberhasilan strategi. Keberhasilan dalam belajar yang mempengaruhi pencapaian pendidikan ditentukan oleh konsistensi antara guru dan murid. Evaluasi yang dilakukan SD Negeri 2 Rowoboni untuk mengukur pencapaian keberhasilan strategi, yaitu evaluasi input, proses dan output. Evaluasi input meliputi kesiapan penempatan dan fungsi pemilihan. Evaluasi proses meliputi asesmen diagnostik, formatif dan pemantauan. Sedangkan evaluasi output meliputi assessment sumatif/sikap.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mengoprasionalisasikan Kurikulum Merdeka, Meningkatkan Semangat Belajar, Konsep P5. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 10:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 10:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66190 |
Actions (login required)
View Item |