ANALISIS PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK TEMA KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI TAMBAKAJI 03


Gusvia Nurwita, 1401419035 (2023) ANALISIS PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK TEMA KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI TAMBAKAJI 03. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka merupakan inovasi baru yang dicanangkan oleh pemerintah sebagai bentuk pemulihan pembelajaran dan perwujudan pelajar sepanjang ha yat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai nilai Pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk meng analisis desain pembelajaran P5 , strategi guru mengimplementasikan nilai nilai profil pelajar pancasila dan sikap peserta didi k dalam pembelajaran P5 dengan menitikberatkan pada semester 2 tema kearifan lokal pada siswa kelas IV A di SD Negeri Tambakaji 03 Kota Semarang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah waka kurikulum, guru dan siswa dengan jumlah 28 siswa kelas IV A di SDN Tambakaji 03. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Maret s/d Juni 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, catatan lapangan, angket pendukung dan dokume ntasi. Teknik a nalisis data menggunakan model Miles & Huberman yang dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data lalu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti sebagai berikut: 1) Desain pembelajaran P5 tema (kearifan lokal) dengan projek makanan/minuman tradisional pada siswa kelas IV A SD N Tambakaji 03 , Pendidik sudah melaksanakan kegiatan berbasis projek deng an krit eria sesuai ( Guru menana m kan nilai nil ai profil pa ncasila dengan mengembangkan elemen kunci profil pancasila pada pelaksanaan pembelajaran projek dengan menggunakan model kegiatan secara berkelompok dan m emberi pertanyaan pemantik (3) Sikap siswa dengan adanya kegiatan P5 kearifan lokal membuat jamu b eras kencur membawa dampak positif yang dikategorikan sangat baik. Simpulan penelitian ini adalah p rogram kurikulum merdeka dalam pelaksanaan P5 tema kearifan lokal di kelas IV A SDN Tambakaji 03 dapat meningkatkan nilai nilai profil pelajar pancasila . Pendidik sudah melaksanakan desain P5 dengan kriteria yan g sesuai , n amun masih perlu mengoptimalkan kegia tan sesua i tahapan akti vitas dalam m odul ajar . P elaksanaan P5 peran pendidik sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran P5. S trategi gu ru dalam menanamkan nilai nilai profil p ancasila dengan menerapkan model kegiatan se c ara berkelompo k dan memberi pertanyaan pemantik kepada peserta didik . S ikap peserta didik yang tampak dalam pelaksanaan P5 a dalah percaya diri, kerjasama yang baik, dapa t memecahkan masalah , dan lebih mengenal dan menghargai budaya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profil Pelajar Pancasila Kegiatan P5; Kearifan L okal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 11 Dec 2024 09:40
Last Modified: 11 Dec 2024 09:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66189

Actions (login required)

View Item View Item