PELAYANAN PUBLIK RUMAH SAKIT PADA PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN PURWOREJO


Asri Wahyu Rahmadhani, 3312415015 (2023) PELAYANAN PUBLIK RUMAH SAKIT PADA PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3312415015_Hani Faturrohmah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan publik pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Purworejo di peruntukkan kepada pasien/masyarakat untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan bagi masing-masing penerima pelayanan. Rumusan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelayanan publik rumah sakit pada pasien rawat di Rumah Sakit Umum Daerah dr Tjitrowardojo Kabupaten Purworejo (2) Faktor-faktor penghambat dan pendorong Pelayanan Publik di Rumah Sakit Umum Daerah dr Tjitrowardojo Kabupaten Purworejo . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang meliputi teknik pengumpulan data, teknik reduksi data, teknik penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua sesuai dengan standar pelayanan dari Keputusan MENPAN Nomor 63 Tahun 2003, yakni: pelayanan, prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, serta kompetensi petugas memberi pelayanan. Pelaksanaan pelayanan publik bidang kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Purworejo sampai sejauh ini berjalan dengan baik walaupun masih ada beberapa kendala yang menjadi penghambat dalam penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat/pasien. Saran yang diajukan adalah sebagai berikut: Kepada pihak RSUD Kabupaten Purworejo, harus selalu meningkatkan pelayanan publik bidang kesehatan kepada masyarakat/pasien agar terciptanya pelayanan yang terbaik dan dapat mewujudkan kepuasan dari masing-masing masyarakat/pasien yang berkunjung ke rumah sakit dengan melakukan evaluasi terhadap setiap pelayanan yang diberikan secara berkala, profesional, cepat, tepat, mudah dan sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Setiap pelayanan yang diberikan, harus ada transparansi baik dalam kepastian biaya dan waktu penyelesaian. Yang dapat dilakukan oleh pihak RSUD Kabupaten Purworejo dengan cara menginformasikan kepastian biaya dan waktu penyelesaian setiap pelayanan secara tertulis di papan informasi/pengumuman. Kelengkapan sarana dan prasarana di RSUD Kabupaten Purworejo yang belum memadahi sebaiknya segera dilengkapi, agar proses pelayanan kepada masyarakat/pasien dapat berjalan dengan optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Pasien Rawat Jalan, Rumah Sakit
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Public Service
J Political Science > JF Political institutions (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 05 Dec 2024 04:23
Last Modified: 05 Dec 2024 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66150

Actions (login required)

View Item View Item