ANALISIS KEMAMPUAN INTERPRETASI GRAFIK KINEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) TERMODIFIKASI


BEAUTY FEBRIANTY, 4201415073 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN INTERPRETASI GRAFIK KINEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) TERMODIFIKASI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201415073_BEAUTY FEBRIANTY - Beauty Febrianty.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan interpretasi grafik kinematika siswa dengan menggunakan Certainty of Response Index (CRI) termodifikasi serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah tipe deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 69 siswa kelas XI SMA N 1 Bojong tahun ajaran 2021/2022. Tes dilakukan dengan menggunakan pilihan ganda alasan terbuka yang dirujuk dari Tes of Undestanding Graph of Kinematics (TUG-K) sebanyak 20 soal yang kemudian dipadukan dengan CRI termodifikasi. Kemampuan interpretasi grafik kinematika berdasarkan nilai rata-rata diperoleh tiga kategori yaitu (1) kelompok tinggi, sebesar 18,84%; (2) kelompok sedang, sebesar 63,77%; dan (3) kelompok rendah, sebesar 17,39%. Sedangkan, kemampuan interpretasi grafik kinematika berdasarkan CRI termodifikasi menghasilkan empat kategori, yaitu (1) tahu konsep sebanyak 6,59%; (2) tahu konsep tidak yakin sebanyak 2,75%; (3) miskonsepsi sebanyak 40,87%; dan (4) tidak tahu konsep sebanyak 49,78%. Hal-hal yang memengaruhi kemampuan interpretasi grafik siswa ini antara lain adalah (1) tidak mampu memahami soal; (2) kesalahan dalam memahami variabel grafik; (3) tingkat kesukaran soal yang tinggi; (4) faktor lingkungan yang kurang mendukung; dan (5) motivasi belajar siswa yang rendah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Interpretasi Grafik Kinematika, CRI termodifikasi, TUG-K
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 04 Dec 2024 04:17
Last Modified: 04 Dec 2024 04:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66147

Actions (login required)

View Item View Item