PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM TERINTEGRASI ETNOSAINS PADA MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN LITERASI KIMIA SISWA


Rizka Wakhidatul Maghfiroh, 4301418040 (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM TERINTEGRASI ETNOSAINS PADA MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN LITERASI KIMIA SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301418040_Rizka Wakhidatul Maghfiroh - Rizka Wakhidatul Maghfiroh.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia yaitu dengan meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mempergunakan aspek kearifan lokal dalam pembelajaran. Inovasi yang dapat dilakukan yaitu LKPD berbasis problem terintegrasi etnosains yang digunakan saat proses belajar kimia. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate). Siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Kebumen menjadi subjek pada penelitian ini. Pengumpulan data penelitian menggunakan lembar validasi ahli, angket keterbacaan, angket respon peserta didik, ddan soal pretest-posttest untuk mengukur hasil belajar dan literasi kimia. Analisis karakteristik hasil pengembangan LKPD yaitu dibuat dalam bentuk elektronik LKPD (E-LKPD) dimana pdf diunggah dalam web Anyflip. Terdapat sintaks PBL dalam urutan pembelajaranya dan berisi materi koloid yang di integrasikan dengan etnosains. Berisi 3 kegiatan pembelajaran dan soal untuk meningkatkan literasi kimia didalamnya. Analisis hasil validitas ahli materi dan ahli media diperoleh rata-rata 94,7% dan 94,3%, hasil uji keterbacaan sebesar 80,14%, hasil respon peserta didik setelah dilakukan pembelajaran sebesar 84,14% dengan kriteria positif. Hasil keefektifan memberikan peningkatan hasil belajar dan literasi kimia siswa dengan hasil uji N-gain 0,709 dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis problem terintegrasi etnosains ini layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran serta mendapatkan respon yang sangat positif dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Etnosains, Literasi Kimia, LKPD, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 04 Dec 2024 04:09
Last Modified: 04 Dec 2024 04:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66142

Actions (login required)

View Item View Item