DESAIN E-LKPD FLIPBOOK INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM KOLOID UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Sella Fajri Islami, 4301418068 (2022) DESAIN E-LKPD FLIPBOOK INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM KOLOID UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran tatap muka setelah adanya kebijakan pembelajaran daring akibat pandemi COVID-19 memiliki tantangan tersendiri bagi guru. Guru dituntut untuk meningkatkan kembali hasil dan semangat belajar peserta didik agar aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran yang melibatkan berbagai multimedia dapat dilakukan untuk menambah daya tarik dan memudahkan peserta didik memahami informasi. Inovasi juga dilakukan dengan memadukan model pembelajaran berbasis discovery learning dalam media, dimana peserta didik akan dituntut untuk lebih aktif melalui pertanyaan-pertanyaan terstruktur dalam menemukan suatu konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, dan respon terhadap e-LKPD sistem koloid berbasis discovery learning. Penelitian terdiri atas tahap define untuk mengidentifikasi potensi masalah, tahap design merupakan perencanaan desain awal dari e-LKPD, dan tahap develop yang terdiri dari uji validasi rancangan produk, uji keterbacaan produk, uji coba produk. Hasil uji validasi rancangan produk oleh ahli materi dan media sebesar 92,19 dan 96,32% pada kriteria sangat valid. Hasil uji keterbacaan produk sebesar 85,91% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar pada penelitian ini dibagi menjadi 3 ranah, ranah kognitif diperoleh N-Gain sebesar 0,66 dengan kriteria sedang, ranah afektif dan psikomotorik secara berturut-turut sebesar 89,65 dan 92,12% pada kriteria sangat tinggi. Motivasi belajar peserta didik sebesar 82,31% dengan kriteria sangat tinggi. Produk yang dikembangkan memperoleh respon sangat baik dari peserta didik dan guru dengan persentase berturut-turut sebesar 83,08 dan 98,44%. Sehingga berdasarkan hasil tersebut e-LKPD layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | discovery learning, e-LKPD, hasil belajar, motivasi belajar, sistem koloid |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 03:55 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 03:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66140 |
Actions (login required)
View Item |