PENGARUH RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP
Aidah Wuryaningtyas, 4401417089 (2022) PENGARUH RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pandemi COVID-19 membuat hasil belajar peserta didik menurun. Menurunya hasil belajar berbanding lurus pada menurunya minat belajar. Model reciprocal teaching mendukung peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran dengan guru sebagai fasilitator. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model reciprocal teaching terhadap hasil belajar kognitif dan minat belajar peserta didik pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup di MAN 1 Semarang. Jenis penelitian yaitu, quasi experimental dengan rancangan non equivalen control design Sampel pada penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar kognitif peserta didik diukur menggunakan instrumen tes dan minat belajar diukur menggunakan instrumen angket. Hasil menunjukkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif yang signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata hasil belajar dengan rata-rata hasil belajar 83,89 > 73,47. Peningkatan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berada pada kategori yang sama yaitu sedang dan berbeda secara signifikan dengan nilai N-Gain 0,46 > 0,33. Ketuntasan klasikal kelas eksperimen sebesar 91,67% dan kelas kontrol sebesar 61,11%. Kelas eksperimen memberikan respon sangat meningkatkan minat belajar dengan rata-rata persentase 87,48% dan kelas kontrol memberikan respon kurang meningkatkan minat belajar dengan rata-rata persentase 65,88%. Simpulan penelitian ini yaitu model reciprocal teaching berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan minat belajar peserta didik di MAN 1 Semarang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reciprocal Teaching, Hasil Belajar Kognitif, Minat Belajar, Perubahan dan Pelestarian Lingkungan. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 02:26 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 02:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66126 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |