PENANAMAN KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS 7 DI SMP NEGERI 2 BANJAREJO KABUPATEN BLORA


Intan Cahaya Kurniyawati, Intan Cahaya Kurniyawati (2023) PENANAMAN KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS 7 DI SMP NEGERI 2 BANJAREJO KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3301419048_Intan Cahaya Kurniyawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kedisiplinan adalah keadaan yang tertib, taat dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan menaati segala ketentuan peraturan, norma, dan tata tertib yang secara sadar di laksanakan dengan kesadaran hati nurani. Kedisiplinan di dunia pendidikan sangat penting bagi siswa. Pelakanaan program penanaman kedisiplinan siswa kelas 7 di SMP Negeri 2 Banjarejo belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Masih sering dijumpai pelanggaran kedisiplinan yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan siswa kelas 7, faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan serta upaya sekolah dalam penanaman kedisiplinan siswa kelas 7 di SMP Negeri 2 Banjarejo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Banjarejo Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data mengguunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman kedisiplinan siswa kelas 7 yang dilakukan melalui program penanaman kedisiplinan sekolah di SMP Negeri 2 Banjarejo telah dilakukan dengan baik. Kedisiplinan siswa kelas 7 dapat diuraikan dalam dua kategori disiplin yakni disiplin terhadap tata tertib sekolah dan disiplin terhadap proses belajar mengajar di kelas. Faktor internal yang mempengaruhi kedisiplinan siswa meliputi faktor kesadaran dan faktor pola pikir. Faktor eksternal yang mempengaruhi kedisiplinan siswa yaitu faktor keluarga. Sedangkan, upaya sekolah dalam penanaman kedisiplinan siswa kelas 7 di SMP Negeri 2 Banjarejo terdapat dalam tata tertib sekolah dan kurikulum sekolah yakni melalui pembiasaan rutin, spontan dan keteladanan serta melalui ektrakurikuler. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa penanaman kedisiplinan siswa sudah dilakukan dengan baik, hanya saja ada faktor internal dan ekternal yang mempengaruhi kedisiplinan siswa kelas 7 sehingga perlu adanya upaya penegasan kembali oleh sekolah terhadap program penanaman kedisiplinan yang sudah diterapkan agar berjalan dengan baik. Saran bagi pendidik, diharapkan lebih tegas dalam penindakan siswa yang melanggar tata tertib sekolah. Bagi sekolah, diharapkan memberikan penguatan program penananam kedisiplinan kerohanian. Bagi Orang tua, hendaknya lebih memperhatikan perilaku anak dengan mengetahui jadwal belajar putra-putri di sekolah agar orang tua mudah dalam melakukan koordinasi dengan bapak ibu guru secara berkala.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penanaman, kedisiplinan, program sekolah
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Dec 2024 08:04
Last Modified: 02 Dec 2024 08:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66113

Actions (login required)

View Item View Item