PELAKSANAAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI GUGUS DEPAN 06.151-06.152 SMP N 3 TONJONG BREBES
Uci Lutfiana, 3301418033 (2022) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI GUGUS DEPAN 06.151-06.152 SMP N 3 TONJONG BREBES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
UU RI No. 12 Tahun 2010 pasal 1 ayat 4 tentang Gerakan Pramuka menjelaskan bahwa pendidikan kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Kondisi pandemi covid-19 berdampak pada batasan kegiatan pembelajaran, termasuk ekstrakurikuler pramuka. Gerakan pramuka sebagai organisasi tetap melaksanakan pendidikan kepramukaan dengan model reguler, berbasis minat atau sukarela peserta didik di gugus depan yang berfokus pada penyelesaian SKU dan SKK. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan kepramukaan pada masa pandemi covid-19 di Gugus Depan 06.151-06.152 SMP N 3 Tonjong dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan kepramukaan pada masa pandemi covid-19 di Gugus Depan 06.151-06.152 SMP N 3 Tonjong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data berasal dari informan, peristiwa, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode/teknik. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, display data, dan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pelaksanaan pendidikan kepramukaan pada masa pandemi covid-19 di Gugus Depan 06.151-06.152 SMP N 3 Tonjong dilaksanakan secara hybrid yaitu dengan pemberian materi kepramukaan secara daring melalui grup whatsapp, youtube, zoom dan uji SKU/SKK dilaksanakan secara langsung dengan mematuhi protokol kesehatan. (2) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan kepramukaan pada masa pandemi covid-19 di Gugus Depan 06.151-06.152 SMP N 3 Tonjong yaitu pembina pramuka, orang tua dan teman sebaya. Faktor penghambat pelaksanaan pendidikan kepramukaan pada masa pandemi covid-19 Gugus Depan 06.151-06.152 SMP N 3 Tonjong yaitu jumlah pembina yang sedikit, sarana dan prasarana yang belum memadai, sulitnya menciptakan kegiatan yang menarik, menantang dan di alam terbuka, siswa yang malas menyelesaikan SKU dan SKK serta siswa yang tidak memiliki smartphone. Saran peneliti yaitu: (1) Pembina Pramuka perlu lebih berkoordinasi dengan kehadiran orang dewasa selama latihan, agar proses pendidikan dan penanaman karakter serta nilai-nilai yang terkandung dalam kepramukaan dapat berjalan maksimal. (2) Kepala Sekolah selaku mabigus dan pembina pramuka perlu adanya pengadaan sarana dan prasarana yang lengkap dan memadai dalam mendukung kegiatan kepramukaan di Gugus Depan 06.151-06.152 SMP N 3 Tonjong. (3) Dewan Penggalang dan anggota pramuka konsisten dalam mengikuti pendidikan kepramukaan, menerapkan nilai dan mengembangkan bakat sesuai minatnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Kepramukaan, Peserta Didik Gerakan Pramuka, Gugus Depan, Pandemi Covid-19. |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 07:38 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 07:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66092 |
Actions (login required)
View Item |